Produk UMKM Palembang Tembus Ekspor ke Singapura

| Rabu, 08/01/2020 17:55 WIB
Produk UMKM Palembang Tembus Ekspor ke Singapura Kota Palembang (Foto: Palembang.go.id)

PALEMBANG, RADARBANGSA.COM – Mengawali tahun 2020, UMKM Indonesia kembali melebarkan sayap ke mancanegara salah satunya ke Singapupura. Produk UMKM ini adalah krupuk ikan khas Palembang.

Syaiful Jamal, pengusaha krupuk ikan khas Palembang ini sekaligus pemilik UMKM Rizky ini mengatakan  produknya tak hanya digemari penduduk lokal atau wisatawan namun pasar luar negeri pun mulai menaruh minat.

Bulan ini Palembang mengekspor sekitar 439 Kg kerupuk ikan ke Singapura dengan nilai 9400 dolar Singapura atau sekitar 97 juta rupiah. Kerupuk ikan ini ternyata juga sudah memenuhi SNI.

"Ini merupakan ekspor perdana produk kami dalam kapasitas yang lumayan besar," ujar Pria yang tinggal di Wilayah Seberang Ulu I, Kota Palembang.

Kerupuk Ikan UMKM Rizky  ternyata  juga telah  menerapkan SNI 8272:2016 setelah melalui serangkaian tahap pengujian dan tersertifikasi SNI oleh Lembaga Sertifikasi Produk LPPHP Lampung yang terakreditasi KAN.

Keberhasilan ekspor kerupuk ikan ini  tidak terlepas dari dukungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Pemerintah Kota Palembang, BPOM Palembang dan LPPOM MUI Sumatera Selatan.

"UMKM di bidang olahan ikan di Palembang sekitar 4000 UMKM. Keberhasilan Kerupuk Ikan Rizky ini diharapkan bisa menjadi dorongan UMKM lainnya untuk bisa meraih SNI dan ekspor,"  Kata Ketua Kantor Layanan Teknis (KLT) Haryanto, saat siaran pers di Palembang, Minggu, 5 Januari 2019.

Hary menjelaskan Keberhasilan UMKM Rizky  yang didukung oleh berbagai instansi terkait hingga sukses mengekspor ini memang luar biasa.

“Langkah – langkah yang dilakukan mulai dari mencari buyer (kerjasama dengan eksportir), mempelajari regulasi ekspor/impor (terutama persyaratan standar dan pengujian), menerapkan dan sertifikasi HACCP, mengurus dokumen ekspor di Bea Cukai atau Pelabuhan paralel melakukan produksi, hingga melakuKkan pengiriman/shipment," ujar Hary.

Haryanto berharap dengan telah adanya ekspor  produk UMKM Rizky ini dapat mempengaruhi produk UMKM lain Sumatera Selatan (Sumsel) lainnya. Terlebih,  Sumsel merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi besar sebagai penghasil ikan air tawar dan produk olahannya

 

Tags : UMKM , Palembang , Singapura , Ekspor

Berita Terkait