Korporasi Asal UEA Akan Gelontorkan Investasi Senilai USD 160 Juta

| Senin, 13/01/2020 17:12 WIB
Korporasi Asal UEA Akan Gelontorkan Investasi Senilai USD 160 Juta Menteri Perdagangan RI, Agus Suparmanto bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara RI, Erick Thohir dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal RI, Bahlil Lahadalia melakukan pertemuan dengan pelaku usaha Emirates Global Alumunium (EGA) di Abu Dhabi, UNi Emirat Arab (Foto: Kemendag)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Pemerintah melakukan pertemuan dengan Investor Unit Emirat Arab (UEA) diantaranya adalah Abu Dhabi Future Energy Company PJSC (Masdar). Dalam pertemuan tersebut, pihak Masdar berencana untuk menggelontorkan investasi pembangunan Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terapung (PLTS) sebesar 145 MW di Waduk Cirata Jawa Barat dengan nilai investasi kurang lebih sebesar USD 160 juta. 

Pada pertemuan tersebut, pelaku – pelaku usaha dari Uni Emirat Arab (UEA) lainnya juga sepakat untuk meningkatkan kerja sama bisnis dan investasi dengan Indonesia. Dengan adanya kerjasama tersebut, pembangunan dapat dilakukan pada pertengahan 2020 dan dapat beroperasi pada tahun 2021.

"Kami berharap Masdar dapat menjajaki pengembangan energi terbarukan lainnya di Indonesia, " kata Menteri Perdagangan Agus Suparmanto di Abu Dhabi, Unit Emirat Arab.

Sebagaimana diketahui hubungan Indonesia dengan Unit Emirat Arab telah terjalin sejak lama. Putra Mahkota UEA, Muhammad bin Zayed Al Nahyan mengatakan bahwa UEA ingin berpartisipasi lebih banyak dalam pembangunan di Indonesia.

“Saya sudah menganggap Indonesia seperti saudara dengan penduduk yang mayoritasnya juga umat muslim,” ujar Putra Mahkota di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Minggu 12 Januari 2020.

Tidak hanya Masdar, namun beberapa korporasi UEA lain juga telah menandatangani kontrak investasi dengan sejumlah proyek pembangunan di Indonesia.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan UEA telah memberikan kepercayaan besar pada Indonesia dengan komitmen investasi sebesar 314, 9 T.

“Ini adalah komitmen investasi tercepat sekaligus terbesar yang pernah didapatkan Indonesia di Negara Timur Tengah,” Ujar Luhut.

Tags : UEA , Abu Dhabi , Investasi

Berita Terkait