OJK Optimis Perekenomian 2020 Membaik

| Kamis, 16/01/2020 19:33 WIB
OJK Optimis Perekenomian 2020 Membaik Ilustrasi Perekonomian Indonesia (Foto: Suaramerdeka.com)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memperkirakan tahun 2020 masih akan diwarnai dengan perlambatan ekonomi global dan gejolak geopolitik di sejumlah kawasan. Namun hal ini akan diimbangi dengan selesainya beberapa proyek infrastruktur strategis dan konsistensi pemerintah menjalankan reformasi struktural, termasuk terobosan melalui hadirnya beberapa Omnibus Law.

"OJK optimis perbaikan pertumbuhan ekonomi dan kinerja sektor jasa keuangan yang positif akan berlanjut di 2020," kata Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso dalam siaran pers Kamis 16 Januari 2020.

Dengan didukung stabilitas ekonomi di tahun 2019, OJK optimis kinerja industri keuangan akan membaik. Pihak OJK juga memperkirakan kinerja intermediasi perbankan akan tumbuh di kisaran 11±1%, dengan tingkat risiko tetap terjaga rendah. Optimisme ini tercermin dalam Rencana Bisnis Bank tahun 2020, yang menargetkan ekspansi kredit sebesar 10%. Sedangkan Industri Keuangan Non-Bank akan tetap tumbuh moderat sejalan dengan upaya konsolidasi industrinya.

Wimboh mengatakan pihaknya akan terus berkonsolidasi dengan pemerintah dan otoritas terkait untuk membangun industri jasa keuangan yang stabil, kontributif dan inklusif.

Tags : OJK , 2020 , Ekonomi