Siapkan Kartu Prakerja, Menaker Minta Perusahaan Optimalkan Training Center

| Selasa, 28/01/2020 22:47 WIB
Siapkan Kartu Prakerja, Menaker Minta Perusahaan Optimalkan Training Center Ida Fauziyah (Menteri Ketenagakerjaan RI). (foto: Kemnaker RI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah meminta dukungan dunia usaha dan industri untuk mengoptimalkan peranan training center (pusat pendidikan dan pelatihan) di perusahaan untuk meningkatkan kualitas pekerja Indonesia.

Melalui kartu prakerja, pemerintah akan meningkatkan pelatihan vokasi secara masif dan massal untuk 2 juta orang yang terdiri dari calon pekerja yang sedang mencari kerja, pekerja yang membutuhkan reskilling dan upskilling, serta pekerja yang terdampak PHK.

“Massifnya program pelatihan vokasi tersebut, perlu dukungan stakeholder bangsa ini. Termasuk training center, Lembaga pelatihan kerja (LPK), dan sekolah yang dimiliki perusahaan industri menjadi bagian penting suksesnya program kartu prakerja,” kata Menaker Ida Fauziyah dalam sambutannya di acara peresmian Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) United Tractor (UT) School di Jakarta, Selasa, 28 Januari 2020.

Baca Juga: Menaker Ida Ingin Santri Melek Teknologi 4.0

Ida mengungkapkan, tantangan SDM bangsa yakni sebanyak 57,5 persen berpendidikan dan kompetensinya rendah, berakibat pada daya saing yang rendah. Namun, tantangan itu pada akhirnya akan bisa dijawab dengan bergeraknya seluruh stakeholder bangsa secara bersama untuk menuju Indonesia Kompeten.

“Kami menyambut positif adanya LPK UT School yang menjadi laboratorium pembentukan generasi muda yang handal, berdaya saing tinggi, kreatif, dan berkarakter. Jika semua industri punya komitmen kuat seperti UT School, maka percepatan untuk mencapai Indonesia unggul 2045 dapat kita raih,” ujarnya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu meyakini, jika seluruh perusahaan dan industri memiliki semangat seperti yang ditunjukkan UT School untuk bergerak bersama membangun SDM Indonesia, maka cita-cita menuju Indonesia Kompeten akan bisa dicapai. Karena cita-cita ini tidak bisa dicapai hanya dengan mengandalkan pemerintah, tapi juga membutuhkan kontribusi seluruh stakeholder dan masyarakat Indonesia.

Ida juga memberikan apresiasi kepada UT School yang telah meluluskan 22.317 mekanik dan operator alat berat sejak berdiri tahun 2008. Ia pun tak keberatan jika waktu kerjanya habis untuk melihat secara langsung proses peningkatan kompetensi yang dilakukan oleh seluruh stakeholder.

Selain meresmikan tiga fasilitas belajar terbaru UT School berbasis digital, yaitu Electrical Laboratory, Multimedia Center dan Safety Center, Ida juga berkesempatan menyaksikan pelepasan 118 siswa UT School dari tahap in-class yang akan melakukan on-the-job-training.

Sementara itu, Edhie Sarwono, selaku Dewan Pembina Yayasan Karya Bakti United Tractors, menyatakan bahwa pihaknya secara terbuka siap menjadi mitra kerja pemerintah dan seluruh stakeholder dalam meningkatkan kualitas tenaga kerja Indonesia, agar berdaya saing, bukan hanya di Indonesia, tapi juga bisa mewarnai pemenuhan tenaga kerja kompeten di kancah dunia.

“Kami mohon Kemnaker untuk dapat men-support UT School. Bila saatnya tiba, UT School siap mengirim alumni ke luar negeri untuk pemenuhan kebutuhan tenaga kerja global. Minimal Indonesia bisa bersaing dengan tenaga kerja negara lain untuk menjadi sumber tenaga kerja ahli, bukan sekedar tenaga kerja kasar,” katanya.

Baca Juga: Menaker Ida Fauziyah: Di Dada Kami Ada Buruh

Edhie mengungkapkan, kerja sama fase pertama dengan Kemnaker yakni merintis ketenagakerjaan inklusif dengan beberapa BLK Kemnaker. Fase kedua akan dilakukan kerja sama dengan BLK Komunitas yang berada di Pulau Jawa.

“Ke depan, kami harap agar kerja sama yang baik dengan Kemnaker terus terjalin demi melahirkan SDM Indonesia yang kompeten,” katanya.

Tags : Menteri Ketenagakerjaan , Ida Fauziyah , Kartu Prakerja , SDM

Berita Terkait