Virus Corona Merebak, Rupiah Anjlok di Level Rp.13.722

| Senin, 03/02/2020 14:07 WIB
Virus Corona Merebak, Rupiah Anjlok di Level Rp.13.722 Mata Uang Rupiah (Foto: Detik.com)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pukul 11.42, Nilai tukar rupiah di pasar spot terpantau melemah 67 poin atau 0,49 persen ke level Rp13.722 per dolar AS.

Dilansir dari Bloomberg. Rupiah turun sebanyak 0,5% menjadi 13.722 terhadap dolar AS, menyentuh level terendah sejak 13 Januari. Saat ini Mata uang Garuda mencatat kerugian di minggu pertama febuari sebagai salah satu imbas dari penyebaran virus corona.

Pekan lalu, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memperingatkan "ketakutan yang belum pernah terjadi sebelumnya" yaitu ketika virus corona terus bermigrasi ke luar Cina. Ketakutan ini salah satunya telah menyebabkan rupiah terdepresiasi.

Corona, bahkan mendorong seluruh pembuat kebijakan di belahan dunia merumuskan berbagai tindakan untuk mengantisipasi transaksi jual beli global. Di China, virus ini bahkan mengancam rencana produksi Apple, serta Tesla Inc. dan Anheuser-Busch InBev SA. Hal ini karena corona mengganggu kinerja beberapa karyawan dan staff, selain itu karena faktor permintaan global.

 

 

Tags : Rupiah , Anjlok