250 Ribu Ton Gula Siap Guyur Pasar

| Kamis, 09/04/2020 13:37 WIB
250 Ribu Ton Gula Siap Guyur Pasar Mentan saat meninjau Pabrik Gula (Foto: Kementan)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Pertanian bersama Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah mempersiapkan kebutuhan gula sebanyak 250 ribu ton dan siap memasok pasokan gula ke pasar agar harga gula kembali stabil. 

"Kami sudah memastikan ketersedian stok gula khususnya gula yang memang menjadi penugasan pemerintah kepada beberapa industri didalam mengambil sebuah sikap cepat agar kelangkaan gula yang ada dapat diatasi sesegera mungkin sesuai dengan perintah Bapak Presiden," kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat meninjauan stok gula di PT. Angels Products, Rabu 8 April 2020.

Untuk memenuhi kebutuhan gula dalam negeri Mentan sedang mengupayakan impor dari negara lain yang diharapkan dapat segera masuk dan beberapa upaya lain yang dilakukan Kementerian Pertanian (Kementan) dalam menangani isu kelangkaan.

Jika mengacu pada keputusan Permendag Nomor :  7/2020 tentang harga acuan, harga eceran tertinggi (HET) gula yakni Rp 12.500 per kg. Namun saat ini harga di pasar telah mencapai Rp.18.000 hingga Rp 20.000 per kg. Dengan adanya fakta tersebut Syahrul mengatakan pihaknya bersama dengan kementerian terkait dan kepolisian akan berusaha secepatnya dalam menstabilkan harga.

"Intinya bulan Puasa maupun Lebaran nanti, Insya Allah tidak ada hal yang perlu menjadi kekhawatiran kita bahkan tidak hanya di Jabodetabek saja namun di seluruh Indonesia," terangnya.

Tags : Gula , Kementan

Berita Terkait