Tiga Komoditas Pertanian Flores Ini Alami Kenaikan Signifikan

| Sabtu, 30/05/2020 14:25 WIB
Tiga Komoditas Pertanian Flores Ini Alami Kenaikan Signifikan Cengkeh adalah salah satu komoditas pertanian yang naik signifikan (Doc: Kementan)

FLORES, RADARBANGSA.COM - Komoditas Pertanian Flores mengalami peningkatan signifikan selama masa pandemi Covid-19. Tiga komoditas pertanian unggulan pulau Flores ini adalah mede biji, cengkeh, dan kelapa bulat.

Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan), Ali Jamil menyampaikan berdasarkan data dari lalu lintas komoditas pertanian, permohonan pemeriksaan karantina terhadap 3 komoditas  tersebut meningkat di kuartal I tahun 2020.

Tercatat masing-masing mede biji sebanyak 349 ton dengan frekwensi 16%, cengkeh 101 ton dengan frekwensi 74% dan Kelapa bulat sebanyak 394 ton dengan frekwensi 155 kali. Adapun prosentase peningkatan masing-masing adalah 203%, 74% dan 61% dibanding periode yang sama di tahun 2019.

“Dengan adanya Peningkatan ini menandakan pembangunan pertanian di wilayah ini sudah "on the track", jelas Jamil dalam keterangan resminya, Jumat 29 Mei 2020.

Ketiga komoditas unggulan asal Flores ini lanjutnya, telah mampu mencukupi kebutuhannya sekaligus memasok ke beberapa kota lain. Pertumbuhan terjadi di Industri hilirpun sehingga komoditas sudah dapat dilalulintaskan dalam bentuk setengah jadi bahkan jadi.

"Nilai tambah tidak hanya dirasakan petani, tapi juga berdampak pada masyarakat dengan adanya ketersediaan lapangan kerja," Pungkas Yulius.

 

Tags : Pertanian , Flores , Cengkeh