Produktivitas Industri Mamin Bisa Naik Hingga 15 Persen

| Selasa, 28/07/2020 11:30 WIB
Produktivitas Industri Mamin Bisa Naik Hingga 15 Persen Industri Makanan dan Minuman (Mamin) (Doc: Pelaku Bisnis)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memperkirakan kenaikan produktivitas industri makanan dan minuman (mamin) akan mencapai 15 persen jika pihaknya terus mendorong penerapan teknologi industri 4.0.

“Upaya tersebut diproyeksikan akan mampu meningkatkan produktivitas serta efisiensi sektor industri mamin antara 10 hingga 15 persen,” kata Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin Abdul Rochim di Jakarta, Senin 27 Juli 2020.

Ia pun juga beranggapan implementasi industri 4.0 pada sektor manufaktur diyakini dapat menghemat biaya operasional.

“Ini penting karena dengan teknologi industri 4.0, pelaku industri dapat melakukan estimasi kapan waktu yang tepat untuk memperbaiki atau merevitalisasi peralatan produksi yang mereka miliki, sekaligus dapat mencegah kerusakan alat produksi yang berdampak pada proses produksi,” ungkapnya.

Rochim mengungkapkan, saat ini penggunaan teknologi industri 4.0 di sektor mamin sudah terlaksana cukup baik. Selanjutnya, Kemenperin akan terus mendorong agar implementasi teknologi industri 4.0 dapat lebih ditingkatkan, sehingga sektor mamin dapat lebih optimal pertumbuhannya dan menghasilkan produk berdaya saing tinggi.

“Hingga kini, umumnya perusahaan menggunakan teknologi industri 4.0 untuk melakukan monitoring dan pengawasan terhadap kegiatan operasionalnya dan ini sudah cukup baik. Kami terus mendorong optimalisasi penggunaan teknologi industri 4.0 ini untuk membantu industri dalam meningkatkan produksi maupun kualitas produk yang dihasilkan,” pungkasnya.

Tags : Mamin , Industri 4.0 , Produktivitas

Berita Terkait