Produk Kelapa Parut RI Tembus Ke Pasar Brazil

| Senin, 03/08/2020 13:16 WIB
Produk Kelapa Parut RI Tembus Ke Pasar Brazil Kelapa Parut (Doc: Istimewa)

MANADO, RADARBANGSA.COM - Pembukaan pembatasan secara bertahap terus memberikan angin segar bagi sektor pertanian di tanah air termasuk juga di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Manado melepas perdana ekspor komoditas unggulan Sulut berupa kelapa parut ke Brasil, Amerika Latin sebanyak 104 ton.

"Sebelumnya, berdasarkan data pada sistem perkarantinaan, IQFAST biasanya kelapa parut Sulut diekspor ke negara-negara di benua Asia dan Eropa," kata Kepala Karantina Pertanian Manado, Donni Muksydayan Saragih melalui keterangan tertulisnya, 29 Juli 2020.

Menurut Donni, komoditas ekspor asal sub sektor perkebunan dengan nilai Rp. 2,8 miliar milik PT. SI ini telah melalui serangkaian tindakan karantina dan dinyatakan sehat, aman dan memenuhi persyaratan negara tujuan.

Brazil merupakan negara dari amerika latin dengan penduduk terbanyak keenam di dunia yaitu sebesar 212 juta jiwa. Potensi pasar yang besar tersebut mampu dimanfaatkan oleh PT. SI dalam memasarkan produknya berupa Kelapa Parut.

Menurut pemilik, pihaknya terus melakukan penambahan negara tujuan, mengingat produktivitas kelapa Sulut yang baik.

“Iklim usaha juga bagus dan harapannya ini dapat berdampak bagi kesejahteraan petani apalagi ditengah wabah Covid-19,” pungkasnya.

 

Tags : Kelapa Parut , Ekspor , Brazil

Berita Terkait