Mendag Harapkan Masyarakat Lebih Banyak Gunakan Produk Indonesia 

| Rabu, 16/09/2020 15:12 WIB
Mendag Harapkan Masyarakat Lebih Banyak Gunakan Produk Indonesia  Pengusaha UMKM. (Foto: intitradacom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COMMenteri Perdagangan, Agus Suparmanto menghimbau agar masyarakat lebih banyak gunakan produk Indonesia. Ia menilai pandemi telah mengajarkan bagaimana masyarakat harus bisa bertumpu pada kekuatan sendiri.

"Kita harus mampu betumpu pada kekuatan kita dan berdiri diatas kaki sendiri," ungkap Mendag dalam webiner launching bangga buatan indonesia, Rabu 16 September 2020.

Mendag menuturkan jika PSSB sebagai imbas dari pandemi Covid-19 telah merubah pola konsumsi masyarakat, sehingga yang menjadi solusi untuk pertumbuhan UMKM kali ini adalah melalui penjualan daring.

Ia juga meminta Masyarakat sebagai pelaku konsumsi, untuk mendukung UMKM dengan menggunakan produk - produk lokal. Hal ini nantinya dapat menambah nilai konsumsi dalam negeri. 

"Potensi bangsa Indonesia, terutama dalam tingkat konsumsi ini sering menjadi daya tarik dari pelaku usaha dari negara lain, nah untuk  menjaga daya saing dan produk yang dihasilkan oleh UMKM ini Kemendag menyelenggarakan beberapa pelatihan," tambahnya.

Lebih lanjut, ia berharap jika UMKM dapat memberikan kontribusi 60 persen dari PDB dan menyerap 96 persen dari tenaga kerja yang berjumlah sekitar 133 juta total angkata kerja di Indonesia.

Tags : Mendag , Produk Indonesia , UMKM