Bulog Jamin Kualitas Beras Bantuan Kemensos

| Kamis, 24/09/2020 08:42 WIB
Bulog Jamin Kualitas Beras Bantuan Kemensos Beras Bulog. (Foto: ilustrasi)

JATIM, RADARBANGSA.COM - Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Jawa Timur menyiapkan beras bantuan Kementerian Sosial kepada keluarga penerima manfaat program keluarga harapan (KPM-PKH).

Produk beras yang akan diberikan ini dipastikan telah memenuhi kadar kualitas dan kuantitas sesuai aturan yang beredar.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhajir Effendy, mengatakan jika Perum Bulog khususnya di Jatim, dapat menjaga empat aspek dari program bansos beras. "Yaitu ketersediaan, kuantum, kualitas, dan tepat sasaran," kata Muhajir.

Hal ini diikuti dengan adaya arahan kepada kepala gudang di wilayah Jatim dan agen yang melakukan packing untuk terus mengontrol agar kualitas dan kuantitas beras yang dibagikan telah sesuai dengan aturan.

Sementara itu, Kepala Perum Bulog Jatim, Khozin menyampaikan jika dalam melakukan pendistribusian ini, seluruh pemangku kepentingan telah berkoordinasi untuk memastikan lancarnya pendistribusian.

"Dalam program ini (bansos beras), saya selaku Pemimpin Bulog Jatim, memerintahkan kepada seluruh Pemimpin Cabang di wilayah Jatim dan berkoordinasi dengan semua pemangku stake holder agar terus mengawasi tiap penyaluran beras yang akan ditujukan kepada keluarga penerima manfaat (KPM)," kata Khozin dalam keterangannya, Kamis 24 September 2020.

Untuk teknik distribusi bansos, Kemensos secara spesifik telah menunjuk DNR (Dos Ni Roha) sebagai transportasi pengangkut beras bantuan.

"DNR itu sendiri akan berkoordinasi dengan pendamping KPM sebagai pengawas langsung bansos beras yang berada di tiap daerah," tambah Khozin.

Hingga saat ini, Kementerian Sosial dan Perum Bulog tercatat telah meluncurkan Program Bantuan Sosial Beras kepada 10 juta keluarga penerima manfaat program keluarga harapan (KPM-PKH) di seluruh Indonesia untuk tiga bulan alokasi dari bulan Agustus sampai dengan Oktober 2020.

Bansos Beras ini bertujuan untuk melaksanakan program pemulihan ekonomi masyarakat terdampak Covid-19.

Tags : Bulog , bansos beras , kemensos