KKP Tanam Terumbu Karang Seluas 50 Hektare di Perairan Bali

| Selasa, 06/10/2020 19:03 WIB
KKP Tanam Terumbu Karang Seluas 50 Hektare di Perairan Bali Program Tanam Terumbu Karang (Doc: Istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Pemerintah optimistis jika program Indonesia Coral Reef Garden (ICRG) di Bali akan rampung di tahun ini. Secara total, pemerintah menargetkan melakukan transplantasi atau penanaman kembali terumbu karang di lima lokasi di Pulau Dewata seluas 50 hektare.

"Dari jumlah memang tidak besar cuma 50 hektare, tapi jumlah bibit per hektare 56 ribuan, perlu rekomendasi untuk ambil dari bibit alam tapi bukan dari yang konservasi," ungkap Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo, Selasa 6 Oktober 2020.

Pengambilan bibit alam tersebut juga direncanakan dilakukan oleh seorang profesional atau dari tangan para ahli.

"Yang ambil tolong diperhatikan orang yang betul-betul ahlinya, boleh nanti saya telpon ibu Siti (Menteri LHK)," tambah Menko Luhut.

Luhut menilai, ICRG adalah program istimewa sejalan dengan dukungan penuh dari Presiden Joko Widodo. Program ini diproyeksikan menjadi stimulus dalam rangka pemulihan ekonomi nasional mengingat pengimplementasiannya melalui padat karya.

"Program ini bagus sekali, Presiden setuju banget, kita stimulus juga untuk mangrove dan untuk karang. Walaupun jumlahnya 50-an hektare, kalau bagus nanti kita perbanyak," urainya.

Sebagai informasi, transplantasi terumbu karang di Bali direncanakan akan dilakukan dengan sejumlah metode di antaranya Mars Accelerated Coral Reef Restoration System (MARRS), atau mengembangkan struktur koral melalui rangka laba-laba yang digunakan untuk mencangkok terumbu karang. Kemudian bioreeftek atau menciptakan media sebagai tempat hidup bagi karang.

 

Tags : terumbu karang , perairan bali , kkp

Berita Terkait