82.500 Bibit Mangrove Ditanam di Pesisir Aceh Jaya

| Senin, 12/10/2020 17:58 WIB
82.500 Bibit Mangrove Ditanam di Pesisir Aceh Jaya Ilustrasi pohon mangrove di pesisir pantan (foto: istockphoto.com)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pengelolan Ruang Laut (Ditjen PRL) tengah melakukan penanaman  82.500 batang bibit mangrove di pesisir Desa Gampong Baru, Aceh. Langkah ini sebagai upaya mengembalikan luasan ekosistem mangrove yang hilang dan merehabilitasi ekosistem pesisir yang rusak.

"Bibit mangrove yang ditanam adalah dari jenis Rhizopora sp. Bibit ini adalah hasil penyemaian yang dilakukan oleh penggiat konservasi mangrove," ungkap Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (P4K) Muhammad Yusuf dalam keterangannya, Senin 12 Oktober 2020.

Pihaknya menilai, ekosistem mangrove saat ini memiliki manfaat yang besar bagi kehidupan masyarakat pesisir sehingga perlu mendapat perhatian lebih agar keberadaannya tetap dipertahankan dan terhindar dari kerusakan.

Tercatat di tahun 2019, luas mangrove nasional adalah sebesar 3,311 juta Ha, terluas di dunia, namun demikian jika dilihat dari data historis luasan mangrove nasional sejak tahun 1980 sampai tahun 2019 diketahui bahwa luas ekosistem mangrove nasional telah berkurang sangat besar hingga mencapai 54%.

Yusuf berharap ke depan lokasi penanaman bibit mangrove ini dapat dikembangkan sebagai lokasi ekowisata dan destinasi wisata bahari di Aceh sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan ekonomi masyarakat pesisir.

“Harapannya masyarakat dapat menjaga dan merawat bibit mangrove yang telah ditanam,” tandasnya.

Tags : penanaman bibit mangrove , kkp , aceh , pesisir

Berita Terkait