Tingkatkan Daya Saing UMKM, Kemendag Tanda Tangani Perjanjian Kerjasama di Yogyakarta

| Jum'at, 16/10/2020 23:09 WIB
Tingkatkan Daya Saing UMKM, Kemendag Tanda Tangani Perjanjian Kerjasama di Yogyakarta Menteri Agus Suparmanto (foto: radarbangsa /TAP)

YOGYAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Perdagangan (Kemendag) kembali menandatangani perjanjian kerja sama untuk mendorong peningkatan daya saing produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan grup perhotelan Accor PT AAPC Indonesia, PT Bank Negara Indonesia (Persero), dan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Penandatanganan disaksikan secara langsung oleh Menteri Perdagangan Agus Suparmanto didampingi Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga di The Phoenix Hotel Yogyakarta-MGallery, Yogyakarta, DIY, Jumat 16 Oktober 2020.

Penandatanganan perjanjian kerja sama dilakukan oleh Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri (P3DN) Kementerian Perdagangan Ida Rustini, Kepala Disperindag Provinsi DIY Aris Riyanta, Vice President Sales Marketing Distribution and Loyalty Accor Indonesia, Malaysia, Singapura Adi Satria, Pemimpin Kantor Wilayah Yogyakarta PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Moh. Hisyam.

 

“Pemerintah memerlukan dukungan dari banyak pihak untuk dapat memberikan kemudahan dalam memasarkan dan membantu pembiayaan UMKM sebagai penggerak ekonomi Indonesia. Perjanjian kerja sama ini diharapkan dapat turut serta mendukung program Bangga Buatan Indonesia (BBI), yaitu dengan membeli kebutuhan hotel dari para pelaku UMKM,” kata Mendag Agus.

Mendag Agus mengatakan, di tengah pandemi Covid-19, UMKM diharapkan mampu memainkan perannya sebagai penopang perekonomian bangsa, ikut serta menggerakkan ekonomi, dan menjaga daya beli masyarakat. UMKM harus bisa menangkap peluang ketika terjadi perubahan pola konsumsi masyarakat dengan adanya kebijakan pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

“Nilai konsumsi dalam negeri yang besar dapat memberikan kontribusi dan membantu UMKM untuk tetap bertahan, beradaptasi, bahkan berkembang dalam situasi kebiasaan baru,” ujar Mendag Agus.

Mendag Agus berharap, langkah yang diambil PT AAPC Indonesia dengan seluruh jaringan perhotelannya dapat menjadi inspirasi bagi hotel lainnya di Indonesia dan terus tumbuh menjadi perusahaan besar yang menggandeng UMKM dalam menjalankan usahanya.

Tags : Kemendag , Alkes , Covid19