Jokowi Minta Belanja Pemerintah Dipercepat Hingga Titik Maksimal

| Senin, 02/11/2020 16:35 WIB
Jokowi Minta Belanja Pemerintah Dipercepat Hingga Titik Maksimal Bantuan Langsung Tunai (Foto: Istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Presiden Jokowi meminta kepada pemerintah agar mempercepat belanja anggaran hingga titik maksimal di sisa kuartal tahun ini, yaitu Kuartal IV 2020.

Ia mengatakan kondisi perekonomian di kuartal II telah minus, demikian juga pertumbuhan pada Kuartal II yang juga mencatatkan minus, meskipun masih didorong tren yang membaik. Jokowi berharap pada kuartal IV, pertumbuhan ekonomi bisa menyentuh angka positif.

“Kuartal ke IV ini sangat penting sekali, agar bisa memperbaiki lagi. Syukur-syukur bisa masuk ke positif sehingga belanja, spending harus menjadi kejar kejaran kita semua,” ungkapnya dalam Rapat Arahan Presiden, Senin 2 November 2020.

Ia mengatakan dalam data terbaru, pertumbuhan konsumsi rumah tangga masih berada di zona minus sekitar empat persen. Oleh karenanya Jokowi meminta agar pemerintah memperkuat permintaan rumah tangga melalui belanja sosial.

“Sehingga menjadi kewajiban kita semua untuk memperkuat demand, sehingga konsumsi ini akan menjadi lebih baik,” tukasnya.

Tags : jokowi , belanja pemerintah , kuartal IV