ESDM Resmikan 3 SPBU Listrik di Jakarta dan Tangerang

| Selasa, 03/11/2020 15:31 WIB
ESDM Resmikan 3 SPBU Listrik di Jakarta dan Tangerang Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana Lakukan uji coba SPBKLU (Doc: KES

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif meluncurkan Operasional Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) atau SPBU Listrik secara virtual.

Peluncuran tersebut dilakukan di tiga lokasi, yaitu Kantor PLN UP3 Cikokol Tangerang oleh Grab Indonesia dan Kymco, Alfamart Gandaria 3 di Jl. Jatayu, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan oleh Oyika, dan Kantor Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Kuningan, Jakarta Selatan oleh Ezyfazt dan Oyika.

"Diharapkan SPBKLU ini dapat menjadi salah satu solusi percepatan terbentuknya ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterai. Melalui SPBKLU, pengisian ulang baterai dapat dilakukan dengan lebih cepat karena dukungan teknologi," ujar Arifin dalam peluncuran virtual, Selasa 3 November 2020.

Melalui peresmian SPBU Listrik ini, ia berharap Indonesia dapat semakin siap bertransisi ke ekosistem baru yakni sebagai konsumen energi ramah lingkungan. Ke depan, Arifin berharap mekanisme SPBKLU dapat dikembangkan lebih luas sesuai dengan roadmap-nya.

"Kami berharap mekanisme SPBKLU ini dapat dikembangkan lebih luas lagi sesuai dengan roadmap yang sudah direncanakan, sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas,” tukas.

Untuk diketahui hingga saat ini sudah terdapat sembilan titik lokasi SPBKLU di Indonesia. Rinciannya, enam SPBKLU terletak di Kota Jakarta Selatan, satu Unit SPBKLU di Kota Tangerang, dan dua Unit SPBKLU di Kota Tangerang Selatan.

Tags : SPBKLU , SPBU Listrik , Motor Listrik

Berita Terkait