RCEP Diteken, Mendag Minta Indonesia Manfaatkan Peluang

| Senin, 16/11/2020 07:54 WIB
RCEP Diteken, Mendag Minta Indonesia Manfaatkan Peluang Menteri Perdagangan Agus Suparmanto saat menghadiri peluncuran Gelar Buah Nusantara di Jakarta (foto: Humas Kemendag)

RADARBANGSA.COM – Menteri Perdagangan kesepuluh ASEAN dan mitranya, yakni Australia, Jepang, Korea Selatan, Selandia Baru, dan Tiongkok resmi menandatangani Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (Regional Comprehensive Economic Partnership/RCEP).

Penandatanganan ini dilaksanakan di akhir Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) RCEP ke-4 pada Minggu, 15 November 2020.

Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto menilai dengan dilakukannya penandatanganan RCEP maka selesai sudah perundingan RCEP yang dimulai pada Mei 2013.

Ia juga mengatakan RCEP akan menumbuhkan harapan baru kemajuan ekonomi bagi kawasan.

“Penandatanganan RCEP hari ini merupakan pencapaian tersendiri bagi Indonesia di kancah perdagangan internasional. Kita patut berbangga karena RCEP lahir atas gagasan Indonesia pada 2011 dan proses perundingannya hingga selesai sepenuhnya dipimpin salah satu putra terbaik Indonesia,” kata Mendag di Jakarta.

Mendag menegaskan, RCEP akan mendorong Indonesia lebih jauh ke dalam rantai pasok global (global supply chain) dengan memanfaatkan backward linkage, yakni memenuhi kebutuhan bahan baku atau bahan penolong yang lebih kompetitif dari negara RCEP lainnya; dan forward linkage, yakni dengan memasok bahan baku atau bahan penolong ke negara RCEP lainnya.

Ia juga sangat yakin hal tersebut akan mengubah RCEP menjadi sebuah‘regional power house’.

“Indonesia harus memanfaatkan arah perkembangan ini dengan segera memperbaiki iklim investasi, mewujudkan kemudahan lalu-lintas barang dan jasa, meningkatkan daya saing infrastruktur dan suprastruktur ekonomi, dan terus mengamati serta merespons tren konsumen dunia,” pungkas Mendag Agus.

 

Tags : RCEP , Mendang , Peluang

Berita Terkait