BPS: Nilai Ekspor Oktober Naik 3,09 Persen

| Senin, 16/11/2020 18:30 WIB
BPS: Nilai Ekspor Oktober Naik 3,09 Persen Aktivitas ekspor impor di Terminal Tanjung Priok (Doc: Kemenperin)

RADARBANGSA.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan jika total nilai ekspor bulan oktober mencapai USD 14,39 Miliar atau naik 3,09 persen dari bulan September.

“Jadi ada kecenderungan meningkat kalo kita bandingkan dari bulan september, bulan agustus dan beberapa bulan yang lalu,” ungkap Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Setianto dalam siaran live, Senin 16 November 2020.

Ia menyampaikan jika kenaikan ekspor oktober ini disumbang pada kenaikan ekspor non migas sebesar 3,54 persen.  Secara akumulatif, ekspor non migas menyumbang hamipir 95,03 persen dari total eskpor Januari hingga Oktober 2020.

“Bapak ibu sekalian, dari strukturnya sektor non migas masih menyumbang ekspor terbesar yaitu sebesar 95,3 persen dari total eskpor oktober 2020,” kata Setianto.

Beberapa komoditas yang tercatat naik signifikan selama oktober ini adalah, lemak dan minyak hewan nabati; bahan bakar mineral; bijih, terak dan abu logam; alas kaki serta mesin dan perlengkapan elektronik.

Sementara itu komoditas yang mengalami penurunan adalah pakaian dan aksesoris (rajutan); kapal, perahu dan struktur terapung; pupuk; pakaian dan aksesorisnya (bukan rajutan) dan logam mulia, perhiasan permata.

Jasa mengungkapkan untuk ekspor migas di bulan oktober mengalami penurunan sebesar minus 5,94 persen. Sementara jika dibanding tahun lalu minus 26,89 persen.

“Ekspor migas ini terjadi penurunan cukup dalam dibandingkan dengan industri pertanian, pengolahan dan tambang dan lainnya,” tandas Setianto.

Tags : BPS , Nilai ekspor oktober , non migas