Indonesia dan Finlandia Jalin Kemitraan Bisnis UMKM Lewat Finnpartnership

| Selasa, 01/12/2020 06:32 WIB
Indonesia dan Finlandia Jalin Kemitraan Bisnis UMKM Lewat Finnpartnership Pengusaha UMKM (Doc: Pagar)

RADARBANGSA.COM - Indonesia melalui KBRI Helsinki dorong kemitraan bisnis antara UMKM Indonesia dengan UMKM Finlandia melalui pertemuan antara KBRI Helsinki dengan Program Direktur Finnpartnership. Finnpartnership adalah program kemitraan bisnis yang dibiayai oleh Kementerian Luar Ngeri Finlandia dan oleh Finnfund.

Duta Besar RI untuk Finlandia merangkap Estonia, Ratu Silvy Gayatri dan Birgit Nivala, Program Direktur Finnpartnership sepakat mendorong terjalinnya kerjasama kemitraan bisnis antara UMKM Indonesia dengan UMKM Finlandia yang memiliki usaha/produk dengan development impact (antara lain pencapaian SDG`s, berdampak sosial, ramah lingkungan dan penciptaan lapangan kerja, dan lain-lainnya) dengan memanfaatkan instrumen Finnpartnership dalam hal Business Partnership Support berupa pendanaan usaha dan juga layanan matchmaking.

“Finnpartnership bertujuan untuk menghasilkan dampak pembangunan yang positif dengan mempromosikan kemitraan bisnis jangka panjang antara Finlandia dan negara-negara berkembang termasuk Indonesia,” ungkapnya seperti dilansir dari laman kemlu.go.id.

Finnpartnership berperan memfasilitasi kemitraan bisnis yang diajukan oleh perusahaan dari negara berkembang kepada perusahaan Finlandia. Dengan menggunakan layanan Matchmaking gratis, perusahaan skala UMKM di Indonesia juga dapat mencari distributor atau perwakilan untuk produk mereka di Finlandia.

Birgit Nevala menyampaikan untuk tahun 2020 Indonesia menempati urutan nomor 2 setelah India untuk negara yang memiliki paling banyak kemitraan bisnis antara UMKM Indonesia dengan UMKM Finlandia (6 kemitraan bisnis) yang menerima pendanaan Finnpartnership untuk sektor ICT, jasa, Pendidikan dan energi terbarukan dengan nilai total hampir 2 juta Euro.

Promosi pemanfaatan instrumen Finnpartnership oleh UMKM Indonesia merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh KBRI Helsinki dalam meningkatkan peluang kerja sama perdagangan, khususnya penetrasi pasar produk ekspor Indonesia.

Selain itu instrumen pendanaan Finnpartnership melalui Business Partnership support juga diharapkan dapat membangun ekosistem pengembangan bisnis UMKM Indonesia yang siap bersaing di pasar internasional khususnya Nordik dengan adanya pembangunan kapasitas para pengusaha (transfer of knowledge and technology) dari Finlandia ke Indonesia.

Untuk tahun 2021, KBRI Helsinki dan Finnpartnership sepakat untuk melakukan kolaborasi kegiatan dalam bentuk partisipasi UMKM Indonesia di Pameran furniture terbesar di Finlandia yaitu Habitare serta mengundang partisipasi UMKM sektor makanan di Pameran Gastro Helsinki 2021.

Tags : Kemlu , UMKM , Finlandia , Finnpartnership

Berita Terkait