Jokowi Minta Daya Saing Ekspor Nasional Harus Terus Ditingkatkan

| Jum'at, 04/12/2020 17:50 WIB
Jokowi Minta Daya Saing Ekspor Nasional Harus Terus Ditingkatkan Presiden Joko Widodo (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, daya saing ekspor nasional khususnya usaha kecil dan menengah harus terus ditingkatkan. Hal itu agar Indonesia mampu bersaing dan meningkatkan nilai ekspor.

"Daya saing ekspor khususnya usaha kecil dan menengah harus terus ditingkatkan. Gandeng UMKM di Indonesia menjadi satu kesatuan yang kuat untuk memenuhi order," ujar Jokowi dalam acara Pelepasan Ekspor ke Pasar Global secara virtual dari Istana Kepresidenan
Bogor, Jawa Barat, Jumat, 4 Desember 2020.

Presiden memaparkan, kerja sama usaha kecil dan menengah dengan perbankan dan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) harus juga diperkuat. Selain itu perlu juga memperbanyak program seperti pelatihan terkait persoalan ekspor, khususnya bagi usaha kecil dan menengah.

"Kita juga harus memenuhi standar pasar global dengan brand yang kuat dan packaging yang semakin baik. Ini yang akan meningkatkan ekspor kita," tuturnya.

Selain itu, Jokowi juga meminta atase perdagangan dan Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) agar mampu menjadi market agent dan market intelligent untuk mendukung peningkatan nilai ekspor.

Tags : Jokowi , UMKM , Ekspor , Pasar Global , Indonesia