ESDM: Sektor Minerba Punya Peran Penting dalam Pertumbuhan Ekonomi

| Jum'at, 11/12/2020 10:58 WIB
ESDM: Sektor Minerba Punya Peran Penting dalam Pertumbuhan Ekonomi Komoditas Batubara (Foto: Porto News)

RADARBANGSA.COM - Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyatakan bahwa sektor mineral dan batubara (minerba) memegang peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional.

“Informasi positif terkait kegiatan pertambangan minerba harus tersampaikan ke masyarakat sehingga kegiatan pertambangan tidak selalu identik dengan kerusakan alam,” kata Arifin, Jumat 11 Desember 2020.

Ia mengatakan situasi sulit saat ini telah mendorong seluruh stakeholder berinovasi dan menyusun strategi baru dalam pengelolaan pertambangan mineral dan batubara yang sejalan dengan langkah-langkah pemulihan ekonomi yang dijalankan oleh Pemerintah.

Salah satu langkah untuk memulihkan ekonomi Indonesia di masa pandemi ini adalah dengan cara meningkatkan investasi pada subsektor pertambangan minerba.

“Peningkatan investasi akan dilakukan melalui hilirisasi komoditas mineral dan batubara. Kedepannya, semakin banyak perusahaan yang melaksanakan hilirisasi komoditas minerba, maka semakin banyak produk-produk pertambangan yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas,” tukas Arifin.

Tags : Minerba , Investasi Batubara

Berita Terkait