Jatim Dukung Indonesia Jadi Eksportir Halal Lewat Program OPOP

| Senin, 21/12/2020 12:02 WIB
Jatim Dukung Indonesia Jadi Eksportir Halal Lewat Program OPOP Halal Food (Doc: BatamNews)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) siap mendukung terselenggaranya Indonesia sebagai negara eksportir Halal Food Dunia.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan jika bentuk dukungan ini salah satunya melalui program One Pesantren One Product (OPOP) yang dalam dua tahun ini telah diimplementasikan pada 350 pesantren wilayah Jawa Timur.

“OPOP mampu menkonsolidasikan kekuatan Pesantren, santri, dan alumninya. Kita punya energi untuk itu, punya kemampuan untuk itu. Sinergi kemampuan dengan Pesantren adalah salah satu kekuatan," kata Khofifah belum lama ini.

Kendati demikian Ia mengakui, OPOP ini masih memerlukan pendampingan, terutama dalam hal pengelolaan keuangan.

“Perlu permodalan untuk pengembangan produk pesantren. Maka dari itu ada Himpunan Bank-bank Milik Negara ada Mandiri, BNI, BRI, dan Bank Jatim juga Bank UMKM Jatim," ungkap Khofifah.

Hingga saat ini tercatat sebanyak 350 pesantren telah berpartisipasi dalam OPOP. Pada lima tahun mendatang, Khofifah menargetkan sebanyak seribu Pesantren yang ikut berpartisipasi dalam OPOP.

“Ini agar produk dari pesantren unggul dan berkualitas, dan kemudian agar produknya itu bisa diterima di pasar, baik lokal, nasional, maupun internasional," ungkapnya.

 

 

Tags : Eksportir Halal , OPOP

Berita Terkait