ESDM Siapkan Insentif Proyek Hilirisasi Batubara

| Minggu, 10/01/2021 15:01 WIB
ESDM Siapkan Insentif Proyek Hilirisasi Batubara Komoditas Batubara (Foto: Porto News)

RADARBANGSA.COM - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif dikabarkan tengah menyiapkan berbagai insentif untuk proyek hilirisasi batubara.

Ia menuturkan insentif ini diberikan agar sektor hilir ini dapat semakin ekonomis dan kompetitif sehingga lebih bisa berkembang.

"Banyak insentif yang kita berikan, supaya hilir (batubara) ini bisa ekonomis dan kompetitif," ungkap Menteri Arifin dalam rilisnya, Minggu 10 Januari 2021.

Salah satu proyek hilirisasi yang tengah dipacu saat ini adalah gasifikasi batubara kalori rendah menjadi Dimethyl Ether (DME) yang nantinya digunakan untuk substitusi Liquefied Petroleum Gas (LPG).

Apabila proyek gasifikasi ini berkembang, diharapkan dapat menekan angka impor LPG karena produk DME bisa menjadi substitusi LPG.

"Karena pemanfaatan hilirisasi batubara itu bisa menjadi substitusi LPG. Kalau bisa substitusi LPG, maka ini bisa amankan devisa cukup besar. Pemakaian LPG tiap tahun terus meningkat dan kita punya batubara untuk memproduksi DME," tutup Arifin.

Tags : Hilirisasi Batubara , Insentif Batubara

Berita Terkait