Ini Dampak Kebijakan Joe Biden Bagi Ekonomi Indonesia

| Rabu, 20/01/2021 16:42 WIB
Ini Dampak Kebijakan Joe Biden Bagi Ekonomi Indonesia Presiden Terpilih AS, Joe Biden (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Bidang Hubungan Internasional, Shinta Widjaja Kamdani menyampaikan jika terpilihnya Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) akan memberikan dampak bagi ekonomi Indonesia.

Lebih tepatnya, Shinta menuturkan jika kebijakan Joe Biden akan lebih menjanjikan untuk pertumbuhan dan peningkatan relasi ekonomi Indonesia - AS dibandingkan pada era Donald Trump.

“Proyeksi kami, akan ada peningkatan kapasitas berusaha dengan AS, peningkatan permintaan pasar AS dan pasar global seiring program stimulus dan normalisasi ekonomi AS,” kata Shinta dalam sebuah webinar, Selasa 19 Januari 2021.

Kendati demikian, Shinta menilai perang dagang antara AS-Tiongkok juga diprediksi akan terus berlanjut. Menurutnya hal ini bisa menjadi peluang bagi Indonesia untuk menarik investasi AS di sektor manufaktur.

Namun, Shinta melihat ada potensi peningkatan tuduhan antidumping, antisubsidi, dan kebijakan lain oleh AS. Hal ini melihat dari kebijakan di era Barack Obama saat Joe Biden menjadi wakil presiden.

“Kalau kita ingat di era Obama, Indonesia mengalami banyak tuduhan antidumping dan antisubsidi, khususnya untuk biofuel yang saat ini tidak bisa lagi diekspor ke AS karena tuduhan anti-subsidinya dimenangkan AS di level domestik maupun di level WTO,” tutup Shinta.



 

Tags : kadin , ekonomi Indonesia , Joe Biden

Berita Terkait