Sri Mulyani Usul Dana Otsus Diperpanjang Hingga 20 Tahun Lagi

| Rabu, 27/01/2021 12:13 WIB
Sri Mulyani Usul Dana Otsus Diperpanjang Hingga 20 Tahun Lagi Menkeu Sri Mulyani (foto: setkabgiid)

RADARBANGSA.COM – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengusulkan untuk memperpanjang dana otonomi khusus (otsus) Papua hingga 20 tahun mendatang.

Lebih lanjut Menkeu juga berencana untuk meningkatkan anggarannya sebesar Rp 234,6 triliun, atau dua kali lipat dari anggaran dalam 10 tahun terakhir yaitu Rp 101,2 triliun.

“Kami tetap mendukung untuk dana otsus diperpanjang lagi 20 tahun dan bahkan nilainya dinaikkan yang selama ini 2% dari DAU, kita naikkan 2,25% karena kesenjangannya masih belum tertutup,” ujar Menkeu dalam Rapat Kerja Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Selasa 26 Januari 2021.

Dengan dinaikkanya anggaran otsus ini diharapkan dapat membawa dampak terhadap perbaikan tata kelola. Selain itu, penyaluran otsus akan menggunakan skema pendanaan Block Grant dan Earmark berbasis kinerja.

“Ini tujuannya supaya setiap rupiah otsus itu betul-betul terkait dengan hasil. Dan juga perlu adanya tambahan untuk pembagi di antara provinsi, serta pembinaan dan pengawasan penggunaan dana otsus yang lebih kuat dan lebih reliable,” tutup Menkeu.

Tags : Dana Otsus , Sri Mulyani

Berita Terkait