Pemerintah Ingin Indonesia Jadi Eksportir Udang Terbesar di Dunia

| Rabu, 10/02/2021 12:02 WIB
Pemerintah Ingin Indonesia Jadi Eksportir Udang Terbesar di Dunia Komoditas Udang (Doc: KKP)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah tengah mengupayakan Indonesia untuk menjadi pengekspor udang terbesar di dunia dengan menargetkan peningkatan sebesar 250% hingga tahun 2024.

Untuk mewujudkannya hal itu dibutuhkan pengetahuan di lapangan guna melakukan intensifikasi budidaya udang. Untuk menghasilkan industri budidaya udang yang baik, perlu didukung dengan pasokan benih dari hatchery handal yang berkelanjutan.

Staf Ahli Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi (Kemenko Marves), Tukul Rameyo mengemukakan bahwa keberhasilan dan pelaksanaan budidaya udang ini diikutkan juga dengan kaidah keberlanjutan atau sustainability.

“Indonesia sudah meratifikasi dan mengembangkan petajalan pembangunan berkelanjutan atau SDGs untuk lingkungan dan masyarakat yang makmur, mencakup dalam pengembangan budidaya udang,” terangnya, Selasa 9 Februri 2021.

Dengan adanya industri budidaya udang ini, Rameyo menilai pada akhirnya juga akan berdampak langsung terhadap ekonomi nasyarakat. Hal ini dikarenakan adanya pemberdayaan masyarakat dalam menjalankan industri budidaya udang.

Saat ini, selain tambak udang komersial yang diperuntukkan bagi industri dan perusahaan besar, ada pula tambak pendidikan. Tambak pendidikan ini merupakan learning center untuk penelitian dan pembelajaran terkait budidaya udang.

Menurut Rameyo, perlu dilakukan strategi perencanaan yang realistis baik dari segi petambak (SDM), kebutuhan pasar maupun dari ketersediaan benih dan pakan. Masalah yang mungkin dihadapi dalam mengembangkan industri budidaya udang ialah terkait investasi dan pemodalan.

Sejauh ini, guna menghemat pembiayaan, salah satu cara yang digunakan oleh petambak untuk mengembangkan udang ialah dengan metode kolam bulat (kolam milenial).

“Indonesia memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan industri budidaya udang. Namun, diperlukan strategi dan solusi yang tepat guna memastikan keberhasilannya,” tuturnya.

Tags : Eksportir Udang , Ekspor Udang

Berita Terkait