Belanja Aplikasi Global Diperkirakan Meningkat 2,5 Kali Lipat Per Tahun

| Selasa, 23/02/2021 18:53 WIB
Belanja Aplikasi Global Diperkirakan Meningkat 2,5 Kali Lipat Per Tahun Belanja Aplikasi (Doc: Inventionland)

RADARBANGSA.COM – Hingga tahun 2025 nanti, belanja konsumen global untuk aplikasi diperkirakan mencapai $270 miliar per tahun.

Berdasarkan laporan dari Sensor Tower, pengeluaran konsumen diperkirakan meningkat hampir 2,5 kali lipat dari pengeluaran konsumen pada tahun 2020, hal ini utamanya dipercepat oleh tren seluler saat pandemi COVID-19.

Pakar Strategi Wawasan Seluler, Stephanie Chan mengatakan jika  belanja konsumen ini meliputi pembelian aplikasi premium, pembelian dalam aplikasi, dan langganan di App Store Apple maupun Google Play.

“COVID-19 telah meningkatkan belanja konsumen global di aplikasi seluler selama tahun 2020, yang naik 30 persen dari tahun ke tahun menjadi $ 111 miliar,” kata Stephanie dalam laporan yang dipublikasikan Sensor Tower, Senin 22 Februari 2021.

Laporan tersebut juga mencatat asumsi baru jika konsumen akan lebih banyak mengeluarkan biaya di aplikasi non Game daripada Game seluler di tahun 2024.

Stephanie memprediksi hal ini dari pertumbuhan aplikasi non game yang akan menjadi kebutuhan konsumen dalam beberapa tahun mendatang.

“Pada tahun 2024, Sensor Tower memperkirakan bahwa pengeluaran untuk aplikasi non-game akan mencapai $ 86 miliar dibandingkan dengan $ 73 miliar untuk game. Pada tahun 2025, aplikasi non-game akan semakin memperluas keunggulan mereka, mencapai $ 107 miliar sementara game seluler akan mencapai $ 78 miliar,” jelas Stephanie.

Sebagai informasi, pertumbuhan pendapatan App Store di aplikasi non-game selama lima tahun terakhir telah melampaui pertumbuhan di game seluler. Belanja konsumen di aplikasi non-game meningkat 4,7 kali lipat antara 2016 dan 2020, sementara itu dua kali lipat di game seluler.

Tags : Belanja Aplikasi , Sensor Tower

Berita Terkait