Utang Luar Negeri Indonesia Tembus Rp6.000 Triliun

| Senin, 15/03/2021 11:36 WIB
Utang Luar Negeri Indonesia Tembus Rp6.000 Triliun Rupiah - Dolar (Foto: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Bank Indonesia (BI) melaporkan pertumbuhan utang luar negeri Indonesia (ULN) menjadi 420,7 miliar dolar AS atau setara Rp 6.067 Triliun.

Direktur Komunikasi BI, Erwin Haryono menjelaskan pertumbuhan utang didorong oleh pertumbuhan ULN sektor publik (Pemerintah dan Bank Sentral) dan ULN sektor swasta (termasuk BUMN).

ULN sektor publik dilaporkan sebesar 213,6 miliar dolar AS atau setara Rp3000 Triliun, sementara ULN sektor swasta (termasuk BUMN) dilaporkan sebesar 207,1 miliar dolar AS atau setara dengan Rp2987 Triliun.

Pemicu pertumbuhan ULN Pemerintah adalah pembayaran pinjaman bilateral dan multilateral yang jatuh tempo, disusul dengan peningkatan surat utang Pemerintah seiring penerbitan Surat Utang Negara (SUN) dalam denominasi dolar AS dan Euro di awal tahun di tengah momentum likuiditas di pasar global yang cukup tinggi.

Pertumbuhan ULN Pemerintah juga dipicu oleh aliran masuk modal asing di pasar Surat Berharga Negara (SBN) domestik yang meningkat disusul kepercayaan investor asing yang terjaga terhadap prospek perekonomian domestik.

Sementara pertumbuhan ULN swasta disebabkan pertumbuhan ULN perusahaan bukan lembaga keuangan (PBLK) serta pertumbuhan ULN lembaga keuangan (LK) yang lebih dalam meski dalam fase kontraksi.

Berdasarkan sektornya, ULN terbesar dengan pangsa mencapai 77,0% dari total ULN swasta bersumber dari sektor jasa keuangan dan asuransi, sektor pengadaan listrik, gas, uap/air panas dan udara dingin (LGA), sektor pertambangan dan penggalian, dan sektor industri pengolahan.

Erwin menilai, struktur ULN Indonesia tetap sehat, didukung penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya.

“Bank Indonesia dan Pemerintah terus memperkuat koordinasi dalam memantau perkembangan ULN, didukung dengan penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya,” tutup Erwin.

Tags : Bank Indonesia , Utang Luar Negeri

Berita Terkait