Dipatok Seharga Rp40.000, Layanan GeNose di Bandara Sudah Tersedia Mulai Hari Ini

| Kamis, 01/04/2021 13:58 WIB
Dipatok Seharga Rp40.000, Layanan GeNose di Bandara Sudah Tersedia Mulai Hari Ini Layanan GeNose di Dua Bandara sudah tersedia (Doc: AP1)

RADARBANGSA.COM – Mulai 1 April, Angkasa Pura Airports menyediakan layanan alat deteksi Covid-19 GeNose C-19 di dua bandara terpilih.

Kedua bandara itu adalah Bandara Internasional Yogyakarta - Kulon Progo (YIA) dan Bandara Juanda Surabaya (SUB).

"Kami berupaya semaksimal mungkin untuk dapat memberikan layanan kebandarudaraan terbaik pada masa adaptasi kebiasaan baru, terutama dalam memberikan tambahan layanan alat deteksi Covid-19 GeNose C-19 di bandara,” ujar Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi.

Namun berhubung layanan GeNose merupakan pertama kalinya, Faik mengatakan jika layanan kapasitas GeNose masih terbatas.

“Kapasitas layanan GeNose C-19 pada tahap awal ini masih terbatas. Oleh karena itu, untuk menjaga ekspektasi calon penumpang dan menghindari penumpukkan antrean di dua bandara itu, kami menghimbau calon penumpang untuk tidak bertumpu dan mengandalkan layanan GeNose C-19 saja,” tutur Faik.

Lebih lanjut, mengungat keterbatasan kapasitas pemeriksaan mesin GeNose C-19 setiap jamnya. Ia mengimbau agar calon penumpang yang akan menggunakan layanan GeNose di bandara dianjurkan dapat tiba di bandara 3 sampai 4 jam sebelum waktu keberangkatan.

“Itu untuk menghindari penumpukan antrean,” sambung Faik.

Adapun harga yang dipatok untuk layanan GeNose C-19 di Bandara Internasional Yogyakarta - Kulon Progo (YIA) dan Bandara Juanda Surabaya (SUB) adalah Rp40.000.

Waktu operasional layanan GeNose C-19 di Bandara Internasional Yogyakarta - Kulon Progo (YIA) yaitu pukul 04.00 - 19.00 WIB di mana disediakan 5 mesin GeNose C-19 sehingga kapasitas pemeriksaan tiap jamnya sebanyak 50 pemeriksaan atau 700 pemeriksaan selama 14 jam waktu operasional (1 jam digunakan untuk waktu istirahat mesin).

Sementara itu, waktu operasional layanan GeNose C-19 di Bandara Juanda Surabaya yaitu pukul 11.00 - 19.00 WIB di mana di bandara ini disediakan sebanyak 10 mesin GeNose C-19 sehingga kapasitas pemeriksaan tiap jamnya sekitar 100 pemeriksaan kantung udara atau 800 pemeriksaan selama 8 jam waktu operasional.

Tags : GeNose di Bandara , Harga GeNose

Berita Terkait