PMI Manufaktur Indonesia Capai Rekor Tertinggi

| Jum'at, 02/04/2021 13:36 WIB
PMI Manufaktur Indonesia Capai Rekor Tertinggi Industri Makanan dan Minuman (Mamin) (Doc: Pelaku Bisnis)

RADARBANGSA.COM - Purchasing Managers’ Index (PMI) manufaktur Indonesia pada Maret 2021 mencapai level tertinggi yaitu di level 53,2.

Angka tersebut meningkat sebesar 2,3 poin dari yang tadinya sebesar 50,9 di Bulan Februari.

Peningkatan PMI manufaktur Maret 2021 itu juga menjadi yang tertinggi dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

“Sektor manufaktur Indonesia mengakhiri kuartal pertama tahun ini di posisi tinggi, perusahaan meningkatkan produksinya untuk menanggapi masuknya pesanan baru paling kuat dalam survei selama satu dekade,” kata Direktur Ekonomi IHS Markit Andrew Harker, Kamis 1 April 2021.


Andrew menggaris bawahi terdapat tiga poin penting terkait kenaikan signifikan PMI Indonesia pada Maret 2021. 
Pertama, kenaikan paling tajam pada output dan pesanan baru selama survei satu dekade, kedua ketenagakerjaan menjadi stabil, dan ketig kenaikan tercepat pada biaya input sejak Oktober 2018.

Selain itu, terdapat rekor perbaikan pada sektor kesehatan yang dipacu dengan permintaan baru dan output.

“Sejauh ini, keduanya naik pada kisaran terbesar dalam periode survei satu dekade. Produksi naik selama lima bulan berturut-turut, dengan panelis umumnya mengaitkan ekspansi terkini dengan kenaikan permintaan baru,” imbuhnya.

Sebelumnya, PMI manufaktur Indonesia pada Januari 2021 telah melampaui capaian PMI manufaktur Vietnam (51,3), Thailand (49,0), dan Malaysia (48,9). Sementara itu, PMI manufaktur ASEAN pada awal tahun ini berada di level 51,4. Bahkan, PMI manufaktur China mengalami penurunan ke titik 51,3 dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 51,9.

 

Tags : Manufaktur , PMI Manufaktur