Tarif Isi Daya Kendaraan Listrik di Indonesia Jadi Yang Termurah Setelah China

| Jum'at, 23/04/2021 12:09 WIB
Tarif Isi Daya Kendaraan Listrik di Indonesia Jadi Yang Termurah Setelah China Mobil Listrik (Sumber: interestingengineering.com)

RADARBANGSA.COM - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyatakan bahwa tarif isi pengisian daya kendaraan listrik di Indonesia menjadi salah satu yang termurah di dunia.

Tarif isi daya kendaraan listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) mengacu pada kategori layanan khusus yakni sebesar Rp1.644,5 sampai dengan Rp2.466,7 rupiah per kWh. Harga ini hanya lebih mahal bila dibandingkan dengan China.  

“Tarif isi daya listrik KBLBB (kendaraan bermotor listrik berbasis baterai) di Indonesia lebih murah dibandingkan dengan beberapa negara lain di dunia," ujar Menteri Arifin dalam acara peluncuran Grab Langkah Hijau secara virtual, Kamis 24 Maret 2021.

Arifin mengatakan dengan harga yang relatif murah, pengisian daya kendaraan listrik bisa lebih hemat hingga empat kali lipat dibandingkan dengan kendaraan konvensional yang masih menggunakan bahan bakar fosil.

Selain itu, Arifin menegaskan jika pemerintah akan memperbaiki berbagai macam regulasi dan insentif yang dikeluarkan sehingga masyarakat dapat segera beralih dari kendaraan konvensional ke kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

“Indonesia terus bergerak menuju era KBLBB (kendaraan bermotor listrik berbasis baterai). Komitmen tersebut diwujudnyatakan dengan mulai digunakannya kendaraan listrik sebagai kendaraan operasional di beberapa Kementerian/lembaga serta pemerintah daerah," tukas Arifin.

 

 

Tags : Stasiun Isi Daya Kendaraan Listrik , Harga Isi Daya KLBB

Berita Terkait