Pertumbuhan Ekonomi Triwulan II Diprediksi Lebih Tinggi

| Jum'at, 07/05/2021 19:34 WIB
Pertumbuhan Ekonomi Triwulan II Diprediksi Lebih Tinggi Industri Semen Indonesia. (Foto: indopolitikacom)

RADARBANGSA.COM –  Pemerintah memprediksi pertumbuhan ekonomi Triwulan II lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi Triwulan I.

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartanto mengutip data Bloomberg Market Consensus yang merevisi pertumbuhan ekonomi Triwulan II-2021 Indonesia menjadi 7,1% dari yang tadinya sebesar 6,7% 

“Optimisme ini menguatkan ekspektasi terhadap perekonomian Indonesia untuk rebound di tahun 2021, dan angka pertumbuhan di kisaran 4,5% s.d. 5,3% masih sangat mungkin untuk dicapai. Hal ini salah satunya adalah dampak penuh dari kebijakan yang telah dilakukan, serta pola konsumsi yang meningkat pada saat bulan Ramadhan dan Hari Raya Lebaran 2021,” sebut Menko Airlangga.

Peningkatan konsumsi masyarakat tercermin dari Inflasi, Indeks Keyakinan Konsumen dan Indeks Penjualan Riil yang meningkat. Pemulihan konsumsi ini mendorong industri untuk meningkatkan aktivitas produksinya, tercermin dari indikator PMI yang meningkat mencapai level tertinggi selama periode 10 tahun pada April 2021.

Peningkatan aktivitas produksi juga didukung oleh peningkatan impor bahan baku dan barang modal. Dari sisi eksternal, pemulihan permintaan global mendorong aktivitas ekspor impor Indonesia.

“Konsumsi diproyeksikan akan terus meningkat di Triwulan II-2021 sejalan dengan meningkatnya mobilitas masyarakat yang memicu pertumbuhan belanja nasional. Pertumbuhan belanja nasional tumbuh signifikan pada awal April 2021 sebesar 32,48%,” tutup Menko Airlangga.

Tags : Pertumbuhan Ekonomi , Airlangga

Berita Terkait