Eropa Mulai Buka Keran Impor Kelapa Sawit Indonesia

| Senin, 07/06/2021 13:13 WIB
Eropa Mulai Buka Keran Impor Kelapa Sawit Indonesia Sektor Perkebunan Kelapa Sawit (Doc: Indonesia)

 

RADARBANGSA.COM - Eropa mulai merestui impor kelapa sawit dari Indonesia pasca gugatan yang dilayangkan akibat pencemaran lingkungan yang diakibatkan dari limbah sawit.

Disampaikan oleh Ketua Umum Perhimpunan Eropa untuk Indonesia Maju (PETJ), Ari Manik bahwa peluang ekspor sawit terbuka menyusul dibentuknya referendum Swiss (7 Maret 2021) di mana 51,6 persen rakyat Swiss menyetujui masuknya perjanjian kerja sama mengenai perdagangan minyak sawit dalam Indonesia-European Free Trade Association (EFTA)-Comprehensive Economic Partnership Agreement (IE-CEPA).

"Persetujuan ini hadir dengan catatan produk sawit dari Indonesia harus memenuhi standard lingkungan dan sosial tertentu, yang berkelanjutan, serta harus diakui dunia internasional," kata dia sebagaimana dikutip dari laman Republika, Senin 7 Juni 2021.

WaKa III GAPKI, Togang Sitanggang mengungkapkan yang kerap harus dihadapi pihak industri adalah banyaknya stigma negatif serta kampanye negatif yang dialamatkan kepada sawit. Terutana yang berkaitan dengan deforestasi, penyumbang polutan, penyerapan CO2 maupun produksi oksigen.

Dari Ketua Departemen Lingkungan Hidup PETJ, Husni Suwandhi berkata agar fakta tersenut dijadikan landasan agar para pengusaha sawit tidak hanya mengejar profit semata tetapi memperhatikan pemeliharaan alam, lingkungan hidup serta kesejahteraan 17 juta pekerja industri sawit dan keluarganya.

"Apalagi Uni Eropa menuntut pengelolaan produksi kelapa sawit yang memenuhi tuntutan keberlanjutan (sustainability)," sambungnya.

Menutup diskusi, Konjen RI di Frankfurt, Acep Somantri, menekankan pentingnya konsistensi dan sinergi kebijakan serta upaya bersama pemerintah, pengusaha dan masyarakat sipil untuk memajukan industri kelapa sawit yang berkelanjutan.

“Guna mendukung keberlangsungan pembangunan nasional dan pencapaian SDGs sesuai yang kita harapkan bersama, demi kelangsungan industri dan generasi penerus kita," tutupnya.

Tags : Impor Kelapa Sawit , Eropa Kelapa Sawit

Berita Terkait