Ekonom: Pemerintah Tak Perlu Ragu Terapkan PSBB

| Minggu, 20/06/2021 09:56 WIB
Ekonom: Pemerintah Tak Perlu Ragu Terapkan PSBB Masyarakat Gunakan Masker Selama Pandemi (Doc: Harian Nasional)

RADARBANGSA.COM - Ekonom senior Fadhil Hassan meminta agar pemerintah tidak ragu menerapkan PSBB menyeluruh dan mempercepat vaksinasi.

Demi pemulihan kesehatan publik, pemerintah sebaiknya menerapkan kembali PSBB dan sekaligus mempercepat vaksinasi," kata Fadhil, yang juga merupakan Co-Founder Narasi Institute, dikutip Minggu 20 Juni 2021.

Fadhil mengkhawatirkan lonjakan kasus Covid 19 ulah varian delta dan kematian akan mengancam pemulihan ekonomi yang sedang berlangsung. Akibatnya, dikhawatirkan ekonomi akan kembali ke zona resesi.  

“Varian Delta ini seperti kotak pandora, bila kita menyikapinya biasa-biasa saja dan akhirnya terbuka, ancaman resisi dapat terjadi di sepanjang 2021," katanya.

Oleh karenanya, ia menyarankan pemerintah perlu segera menerapkan kembali PSBB didaerah zona merah sebelum fasilitas kesehatan mulai terganggu dan keadaan semakin tidak terkontrol.  

“Selain menerapkan PSBB di zona merah, pemerintah perlu mempercepat vaksinasi di daerah zona merah untuk mencegah penyebaran lebih lanjut Covid 19," kata dia mengungkapkan.

Fadhil meminta agar pemerintah juga melakukan peninjauan kembali prioritas pengeluaran anggaran terutama untuk berbagai program infrastruktur yang berdampak jangka menengah panjang.  

“Untuk mendukung terlaksananya program pemulihan ekonomi,  BI harus lebih berperan lagi dengan menerapkan  kebijakan moneter harus lebih akomodatif melalui skema burden sharing dan penurunan tingkat suku bunga untuk mendorong pertumbuhan kredit," kata dia.

Tags : Fadhil Hassa , Ekonomi , PSBB Lagi

Berita Terkait