Rupiah Bergerak Menguat, Pelaku Pasar Masih Cermati Data Covid

| Selasa, 22/06/2021 11:02 WIB
Rupiah Bergerak Menguat, Pelaku Pasar Masih Cermati Data Covid Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar Menguat Siang Hari Ini (Foto: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan pada perdagangan Selasa, 22 Juni bergerak di jalur penguatan.

Pada pembukaan pasar, rupiah menguat 0,16 persen atau 22,5 poin ke level Rp14.405 per dolar AS. Di saat yang sama indeks dolar AS menguat 0,07 persen ke level 91,96

Di pukul 10.30 rupiah bertahan dengan  penguatan 0,09 persen atau 13 poin ke posisi Rp14.414,50 per dolar AS. Sementara itu, indeks dolar AS menguat tipis 0,03 persen ke posisi 91,92. 

Mengutip Antara, dolar AS telah melonjak sejak bank sentral AS mengatakan bahwa pembuat kebijakan memperkirakan dua kali kenaikan suku bunga pada 2023. Hal tersebut membuat investor mengevaluasi kembali taruhan bahwa bank sentral AS akan membiarkan inflasi berjalan pada tingkat yang lebih tinggi untuk waktu yang lebih lama sebelum menaikkan suku bunga.

"Ada sikap terburu-buru untuk membersihkan posisi luar biasa yang sedikit mungkin terlalu condong ke arah short (jual) dolar," kata Bipan Rai, kepala strategi valas Amerika Utara di CIBC Capital Markets di Toronto.

Sementara dari dalam negeri, pelaku pasar terus mencermati perkembangan varian baru Covid-19 yang hingga saat ini telah berkontribusi lebih dari 20 persen dari kasus nasional.

“Situasi yang memburuk di Jakarta akan mencoreng muka Indonesia secara keseluruhan sehingga pemerintah harus mengkaji ulang fokusnya terhadap pertumbuhan ekonomi atau menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat,” kata dia dalam riset tersebut.

Tags : Rupiah , Dolar , Kurs Rupiah