Rupiah Melemah Merespon Rekor Harian Kasus Covid-19

| Jum'at, 16/07/2021 14:33 WIB
Rupiah Melemah Merespon Rekor Harian Kasus Covid-19 Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar Melemah (Foto: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Nilai tukar rupiah bergerak melemah sepanjang perdagangan Jumat. Rupiah melemah merespon kekecewaan pasar terhadap lonjakan kasus baru Covid-19 di Indonesia yang masih tetap tinggi.

Mengutip data Bloomberg, pukul 14.21 WIB, kurs rupiah berada di posisi Rp14.502 per dolar AS, melemah 20 poin atau 0,14% dibandingkan dengan posisi penutupan pasar Kamis di level Rp14.482 per dolar AS.

Pengamat ekonomi Ryan Kiryanto menduga, pelemahan rupaih terkait dengan kekecewaan pelaku pasar terhadap lonjakan kasus harian Covid-19 yg terus bertambah setiap hari. Pesimisme pasar ini mengalahkan kabar baik dari surplus neraca perdagangan Indonesia Juni 2021 yang dirilis BPS Kamis kemarin.

"Pemerintah pusat dan daerah beserta satgas PC-PEN didukung seluruh elemen masyarakat harus bahu membahu mendisiplinkan masyarakat agar tertib prokes (6 M dan 3 T) dan sadar vaksin. Ini diperlukan supaya terjadi flattening the curve, sehingga tercapai herd immunity yang akan berlanjut ke pembukaan aktivitas dan mobilitas orang/barang," kata Ryan seperti dikutip dari Indo Premier News, Jumat 16 Juli 2021. 

Hingga Kamis kemarin, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia bertambah 56.757 pasien, rekor tertinggi di Indonesia selama pandemi Covid-19. Sehari sebelumnya, kasus harian Covid-19 di Indonesia sudah tembus 50 ribu dengan 54.517 kasus.

Ryan menilai penerapan kebijakan PPKM Darurat dalam menekan lonjakan kasus baru Covid-19 memberikan dampak besar pada kepercayaan pelaku pasar. Nantinya dampak itu akan  menciptakan capital inflows yang akan memperkuat posisi kurs rupiah atau justru akan memperlemah posisi rupiah.

 

Tags : Rupiah , Kurs Rupiah