Harga Gabah Turun, Kemendag Minta Bulog Masimalkan Penyerapan

| Rabu, 04/08/2021 07:02 WIB
Harga Gabah Turun, Kemendag Minta Bulog Masimalkan Penyerapan Petani (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah menugaskan Perum Bulog untuk terus melakukan penyerapan gabah di tingkat petani. Hal itu untuk menjaga stabilitas harga gabah termasuk ketika terjadi penurunan harga seperti saat ini.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Kemendag, Oke Nurwan, mengatakan, penugasan penyerapan gabah oleh Bulog sesuai dengan harga pembelian pemerintah (HPP) yang ditetapkan melalui Permendag Nomor 24 Tahun 2020.

“Kemendag memantau di harga beras, sementara untuk hulu sudah penugasan ke Bulog untuk memastikan harga di tingkat petani terjaga," kata Oke seperti dikutip dari Republika, Selasa 3 Agustus 2021.

Selain itu, pemerintah lanjutnya, juga telah menugaskan Bulog untuk menyalurkan KPSH Beras Medium dan Beras Bantuan Sosial PPKM. Dengan begitu, dengan tersalurkannya stok beras dari gudang Bulog, diharapkan dapat mempercepat penyerapan gabah di petani sehingga harga gabah di petani dapat kembali pada kondisi normal

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), harga gabah kering panen (GKP) pada Juli 2021 dihargai Rp 4.311 per kg, turun hingga 5,17 persen dari bulan sebelumnya sebesar Rp 4.546 per kg. Adapun gabah kering giling (GKG) dihargai Rp 4.874 per kg, turun 1,81 persen dari bulan Juni yang sebesar Rp 4.964.

Penurunan harga tersebut terjadi saat harga biasanya mengalami kenaikan lantaran panen yang belum optimal.

Oke mengatakan, penurunan harga dimaksud berdampak pada turunnya Nilai Tukar Petani (NTP) yang dicatat oleh BPS sebesar 0,11 persen. Itu karena indeks harga yang diterima petani lebih rendah dari indeks harga yang dibayarkan petani.

Salah satu faktor penyebab penurunan harga gabah dimaksud akibat terjadinya surplus yang besar karena sejumlah sentra produksi memasuki masa panen. Sementara permintaan di masyarakat mengalami penurunan akibat dampak pandemi Covid-19.

Tags : Harga Gabah , Bulog Gabah

Berita Terkait