Pembetukan Holding UMi Pacu Pertumbuhan Pengusaha

| Sabtu, 14/08/2021 10:04 WIB
Pembetukan Holding UMi Pacu Pertumbuhan Pengusaha Pengusaha UMKM (Doc: Pagar)

RADARBANGSA.COM - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Arsjad Rasjid optimistis  keberadaan holding ultra mikro (UMi) akan menciptakan akselerasi inklusi keuangan yang dapat memacu pertumbuhan populasi pengusaha baru di Indonesia.

Pemerintah  membentuk holding UMi dengan mengintegrasikan tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang melayani sektor ultra mikro dan UMKM,  yaitu PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BRI, PT Pegadaian (Persero), dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM.

“Terciptanya akselerasi inklusi keuangan tidak terlepas dari  pengalaman ketiga BUMN yang terlibat holding,  yang selama ini memang fokus pada pemberdayaan dan pembiayaan masyarakat kecil,” kata Arsjad dalam keterangannya, dikutip pada Sabtu 14 Agustus 2021.

Ia mengatakan, pembentukan ekosistem  melalui holding selain mengakselerasi inklusi keuangan juga  untuk menjangkau masyarakat yang belum terlayani pinjaman dari lembaga keuangan formal.

“Saat ini, banyak pelaku usaha di segmen mikro dan ultra mikro  belum tersentuh layanan jasa keuangan formal. Misalnya, untuk keperluan pinjaman modal guna memperluas dan memperkuat usaha,” kata dia.

Tags : Kadin , Holding UMi , Pertumbuhan Pengusaha

Berita Terkait