Harga Minyak Bukukan Kenaikan Terbesar di Pekan Terakhir Agustus

| Sabtu, 28/08/2021 13:36 WIB
Harga Minyak Bukukan Kenaikan Terbesar di Pekan Terakhir Agustus Kilang Minyak (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Harga minyak membukukan kenaikan sebesar 2% sepanjang perdagangan akhir pekan ini. Kenaikan ini menjadi yang terbesar dalam lebih dari setahun.

Mengutip Indo Premier News, penguatan harga disinyalir karena perusahaan energi mulai menutup produksi AS di Teluk Meksiko menjelang badai besar yang diperkirakan akan melanda awal minggu depan.

“Secara historis, minyak mentah naik saat badai mendekat, terlepas dari kenyataan bahwa kilang minyak tidak membutuhkan minyak mentah saat ditutup saat badai,” kata Bob Yawger, direktur energi berjangka di Mizuho di New York, Sabtu 28 Agustus 2021.

Produsen minyak pada hari Jumat telah menutup 59% dari produksi minyak mentah Teluk Meksiko karena badai yang disebut badai kesembilan musim ini menuju ladang minyak lepas pantai utama AS, demikian menurut Biro Keselamatan dan Penegakan Lingkungan (BSEE) pemerintah USA. 

Perusahaan minyak dan gas AS berlomba untuk menyelesaikan evakuasi dari anjungan lepas pantai Teluk Meksiko sebelum Badai Ida menghantam Louisiana sebagai badai besar awal pekan depan. 

Sumur lepas pantai Teluk Meksiko menyumbang 17% dari produksi minyak mentah AS, sementara lebih dari 45% dari total kapasitas penyulingan AS terletak di sepanjang Pantai Teluk.

Di sisi lain, harga minyak juga didukung oleh penurunan dolar AS ke level terendah satu minggu versus sekeranjang mata uang lainnya menyusul komentar Chairman the Federal Reserve AS Jerome Powell. Dolar AS yang lebih lemah membuat minyak lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya.

Tercatat Brent di pasar berjangka naik $1,63 atau 2,3% ke harga $72,70 per barel. Itu adalah penutupan tertinggi untuk Brent sejak 2 Agustus dan untuk WTI sejak 12 Agustus.

Sementara minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS naik $1,32 atau 2,0% pada level harga $68,74.

Untuk minggu ini, Brent naik lebih dari 11% dan WTI naik lebih dari 10%, yang merupakan persentase kenaikan mingguan terbesar untuk keduanya sejak Juni 2020.

Tags : Harga Minyak , Minyak Mentah

Berita Terkait