Bukan Main, Indonesia Kuasai 20 Persen Cadangan Nikel Terbesar di Dunia

| Kamis, 09/09/2021 06:08 WIB
Bukan Main, Indonesia Kuasai 20 Persen Cadangan Nikel Terbesar di Dunia Tambang Nikel di Indonesia (Doc: MTO)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah mencatat jika Indonesia memiliki 20 persen cadangan nikel dunia. Daerah seperti Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara adalah daerah yang memiliki potensi paling besar.

Bukan main, cadangan nikel ini layaknya tambang emas yang siap dimanfaatkan untuk memproduksi baterai kendaraan listrik dunia.

Lebih rinci, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia mengatakan jika pemanfaatan cadangan nikel akan dilakukan dengan melakukan industrialisasi baterai nikel.

“Sebuah anugerah dari Allah untuk Indonesia, (nikel) akan dijadikan bahan baku baterai mobil. Sekarang kita pingin indonesia menjadi negara produsen terbesar untk pembangunan baterai mobil,” kata Bahlil

Ia pun mengatakan bahwa pada tanggal 15 September besok akan melaksanakan  Ground Breaking pabrik LG dengan nilai USD9,8 Miliyar, “Jadi tanggal 15 besok kita mulai,” katanya.

Rencana ground breaking ini akan menjadi pembangunan dari hilir ke hulu. “Kita hajar dulu dari battery cell nya bukan dari smelternya. Karena kalau dari smelternya itu barang setengah jadi kita kirim,” sambunya.

Bahlil menekankan bahwa langkah ini salah satu upaya memanfaatkan nilia tambah dari nikel itu sendiri. “Maka startingnya itu bangun batterai cell nya dulu 10gb, kalau sudah ada baterai cell lalu membangun smelter,” jelasnya.

Ia pun meyakini bahwa strategi ini akan berkelanjutan dan Sumber Daya Alam (SDA) nikel akan mampu memberikan nilai tambah.

 

 

 

 

Tags : cadangan nikel , Nikel

Berita Terkait