Resmikan Pabrik Baja Milik Krakatau Steel, Presiden Jokowi: Tekan Angka Impor

| Selasa, 21/09/2021 14:42 WIB
Resmikan Pabrik Baja Milik Krakatau Steel, Presiden Jokowi: Tekan Angka Impor Joko Widodo (Presiden RI). (Foto: twitter @KemensetnegRI)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik Hot Strip Mill 2 milik PT Krakatau Steel (Tbk). Pabrik baja ini memiliki teknologi yang canggih dan modern. 

"Hari ini kita akan menyaksikan peresmian Hot Strip Mill 2 dari PT Krakatau Steel yang menggunakan teknologi modern dan terbaru di industri baja," kata Jokowi di Cilegon, Banten, Selasa, 21 September 2021.

Ditegaskannya, pabrik baja tersebut hanya ada dua di dunia dan salah satunya ada di Indonesia. Adapun pabrik lainnya di Amerika Serikat. 

"Hanya ada dua (pabrik sejenis) di dunia, pertama di Amerika Serikat dan kedua di Indonesia yaitu di Krakatau Steel. Saya tadi sudah melihat ke dalam proses produksinya ke dalam dan betul-betul teknologi tinggi," terangnya. 

Pada kesempatan itu, Kepala Negara meminta produksi baja Indonesia makin meningkat dan dapat menekan angka impor. Kehadiran pabrik baja canggih tersebut diharap Presiden dapat menambah devisa negara. 

"Jadi tidak ada lagi impor-impor yang kita lakukan, sehingga sekali lagi akan menekan angka impor baja negara kita yang saat ini berada pada peringkat kedua komoditas impor Indonesia, sehingga kita harapkan bisa menghemat devisa Rp29 triliun per tahun. Ini angka yang sangat besar sekali," tandasnya. 

Adapun peresmian ini turut dihadiri sejumlah menteri kabinet dan Ketua DPR RI, Puan Maharani. 

Tags : Jokowi , Baja , Krakatau Steel , Indonesia