Pemadaman Listrik di China, Pemerintah Diminta Tingkatkan Impor Batu Bara

| Rabu, 29/09/2021 14:44 WIB
Pemadaman Listrik di China, Pemerintah Diminta Tingkatkan Impor Batu Bara Komoditas Batubara (Foto: Porto News)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah China diminta untuk meningkatkan impor batu bara lantaran krisis pemadaman listrik yang telah berlangsung di Provinsi Jilin, China.

Pemadaman listrik terjadi karena kurangnya pasokan batu bara, ketatnya standar gas rumah kaca dan tingginya permintaan manufaktur mendorong harga batu bara melonjak.

Masyarakat di Provinsi Jilin, mengatakan bahwa pemadaman listrik telah membuat lampu merah, elevator, dan jaringan 3G di daerah timur laut berhenti beroperasi. Begitupula dengan pabrik-pabrik besar seperti pemasok komponen Apple dan Tesla.

Kota Shenyang dan Dalian yang dihuni lebih dari 13 juta orang juga sangat terdampak. Begitu pula pabrik-pabrik milik perusahaan

Provinsi Jilin salah satu dari sepuluh provinsi yang terpaksa harus membatasi penggunaan energi. Sebab biaya tambahan yang terjadi karena naiknya harga batu bara tidak bisa dibebankan ke konsumen.

Gubernur Provinsi Jilin Han Jun mengatakan diperlukan `sejumlah saluran` untuk menjamin pasokan batu bara. Ia mengatakan China harus mengambil lebih banyak sumber dari Rusia, Mongolia dan Indonesia.

Han mengatakan, provinsinya yang dihuni hampir 25 juta orang akan mengirim tim khusus untuk mengamankan pasokan dari wilayah tetangga Mongolia Dalam. Hal ini disampaikan akun resmi Provinsi Jilin di media sosial WeChat.

Sebagai informasi, sejak pekan lalu, China membatasi penggunaan energi di wilayah timur laut. Media setempat melaporkan, banyak kota yang mengalami pemadaman dan membuat pengguna sosial khawatir.

Mal-mal tutup lebih cepat dan sejumlah toko menggunakan penerang lilin. Media sosial Weibo ramai oleh pengguna yang khawatir pemadaman listrik berdampak pada aliran air.

Gubernur Jilin Han meminta perusahaan untuk memenuhi `tanggung jawab sosial`. Ia juga meminta `segera mengatasi kesulitan` yang disebabkan naiknya harga batu bara.

Dewan Listrik China yang mewakili produsen energi di negara itu mengatakan perusahaan energi dengan batu bara akan memperluas saluran pengadaan mereka `dengan biaya berapapun`. Agar masyarakat dapat menyalakan penghangat ruangan di musim dingin.

Tags : China , Pemadaman Listrik

Berita Terkait