Seiring Perkembangan Teknologi, Presiden Jokowi Minta BUMN Bermitra dengan Perusahaan Global

| Sabtu, 16/10/2021 23:08 WIB
Seiring Perkembangan Teknologi, Presiden Jokowi Minta BUMN Bermitra dengan Perusahaan Global Presiden Joko Widodo (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mengembangkan usahanya ke kancah global. Salah satunya, menurut Jokowi yakni bermitra dengan perusahaan global guna mengembangkan model bisnis baru sejalan dengan pesatnya perkembangan teknologi.

"Kalau mau cepat, kita beradaptasi itu, cara yang paling cepat adalah berpartner, perusahaan global mana yang paling baik, ajak," kata Jokowi kepada para Direktur Utama BUMN, seperti dilansir dari antaranews.com, Sabtu, 16 Oktober 2021.

Kepala Negara meyakini, 10-20 tahun ke depan banyak perusahaan global yang ingin bermitra dengan Indonesia. Bahkan, lanjutnya, Indonesia akan masuk jajaran ekonomi besar dunia. 

"Perusahaan global mana yang paling baik ? ajak. Pasti mau dengan kita. Kita sudah dinilai prospek ke depan 10-20 tahun yang akan datang kita akan jadi ekonomi empat besar dunia. Siapa yang tak mau ? mau semua,” ujarnya.

Tak hanya itu, Presiden Jokowi menginginkan BUMN dapat bersaing di industri global. Maka itu, model bisnis BUMN harus terus dikembangkan dan mengadaptasi pesatnya perkembangan teknologi. BUMN juga harus merespons revolusi industri 4.0, era disrupsi teknologi dan mempelajari model bisnis baru dari situasi ekonomi di tengah pandemi COVID-19.

"Yang namanya transformasi bisnis, yang namanya adaptasi teknologi sudah menjadi keharusan dan tidak bisa tidak. Kita hanya hitungan kita, kita ini balapan,” tandasnya. 

Tags : Jokowi , BUMN , Perusahaan Global , Indonesia