PTPN XI Siapkan Penyaluran Modal Kerja Petani Tebu

| Jum'at, 29/10/2021 12:44 WIB
PTPN XI Siapkan Penyaluran Modal Kerja Petani Tebu Seorang Petani Tebu di Desa Jokerto, Lumajang (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - PTPN XI Pabrik Gula (PG) Pagottan kembali bersinergi dengan PT Jasa Marga (Persero) untuk memenuhi kebutuhan modal kerja petani tebu di Madiun. Ini disampaikan Manajer Tanaman PG Pagottan, Ris Budiyanto, saat  melakukan survey bersama lahan tebu, belum lama ini.

"Sekarang menginjak tahun keempat kami bersinergi dengan Jasa Marga dalam membantu memenuhi kebutuhan modal kerja petani tebu PG Pagottan. Kebutuhan saat ini untuk perawatan tebu sehingga produktivitas petani tebu bisa meningkat. Rencana penyaluran sebesar Rp15 milyar rupiah untuk 98 petani tebu", ungkap Ris Budiyanto saat mendampingi tim survey lahan.

Jasa marga menilai keberlanjutan sinergi tersebut tidak terlepas dari track record positif petani tebu terutama tingkat pengembalian program pendanaan TJSL sebesar seratus persen dan berharap petani menjadi lebih maju dan tangguh.

"Ini dalam rangka sinergi BUMN yang sudah terjalin sejak 2017, harapannya para petani yang dibina PTPN XI lebih maju dalam menjalankan usahanya sehingga kedepan menjadi petani yang tangguh," harap Partnership Program Section Head Jasa Marga, Jatmiko Subandi.

Direncanakan dalam waktu dekat bisa direalisasikan penyaluran program TJSL tersebut setelah dilakukan survey dan verifikasi data calon penerima. Hingga saat ini PTPN XI telah menyalurkan total  Rp16,2 Milyar untuk petani tebu di tahun 2021 Masa Tanam 2020/2021.

"Komitmen BUMN untuk bersinergi mendorong program pemerintah yakni mencapai ketahanan pangan dan swasembada gula nasional, PTPN XI bagian dari PTPN Group aktif dalam memberikan program TJSL berupa pinjaman modal kerja bagi petani tebu. Harapannya tebu petani terawat dengan baik sehingga produktivitas nya naik, selain akan mendukung kinerja pabrik gula akan berpengaruh terhadap tingkat kesejahteraan petani juga," jelas Sekretaris Perusahaan sekaligus penanggungjawab program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan PTPN XI, Moch Sholeh Kusuma.

Tags : PTPN , Petani Tebu