Menkeu Sri Mulyani: PMN 2021 Diarahkan Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

| Selasa, 09/11/2021 19:34 WIB
Menkeu Sri Mulyani: PMN 2021 Diarahkan Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, manfaat Kebijakan Penyertaan Modal Negara atau PMN untuk memperkuat struktur permodalan terutama kepada Badan Usaha Milik Negara atau BUMN yang harus melakukan penugasan Pemerintah yang memiliki tingkat risiko yang tinggi meskipun ekonomi dan dampak sosialnya cukup besar.

“PMN untuk memperkuat struktur permodalan BUMN atau lembaga yang mendapatkan penugasan Pemerintah atau yang juga mendapatkan dampak dari Covid-19 yang cukup besar mempengaruhi kinerja keuangan mereka," kata Menkeu Sri Mulyani di hadapan Komisi XI DPR RI, Senin 8 November 2021.

Menurut Menkeu Sri Mulyani, PMN 2021 diarahkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mendukung berbagai kebijakan pemerintah termasuk infrastruktur.

"PMN untuk periode 2022 juga diperlukan untuk pembangunan infrastruktur prioritas agar mereka tetap terus bisa berjalan dan tidak terhenti yang nanti akan menimbulkan biaya ekonomi maupun keuangan yang jauh lebih besar,” kata Menkeu Sri Mulyani.

Dari sisi infrastruktur, lanjut Menkeu Sri, pemerintah memberikan PMN untuk PT Hutama Karya dan PT Waskita Karya. PT Hutama Karya mendapatkan PMN untuk pembangunan ruas Jalan Tol Trans Sumatera Kuala Tanjung-Parapat, Sigli-Banda Aceh, Lubuk Linggau-Bengkulu, Medan-Binjai, Pekanbaru-Dumai, Binjai-Langsa, Indralaya-Muara Enim, Kisaran-Indrapura, dan Pekanbaru-Padang.

"Total penyerapan tenaga kerja pada proyek ini sebanyak 212.935 orang," jelasnya.

Lebih lanjut, Menkeu Sri mengatakan, LMAN yang mendukung pengadaan sebagian tanah untuk kelanjutan proyek Jalan Tol Trans Sumatera juga mendapatkan PMN, “Adanya penyelesaian atau peningkatan lagi jumlah ruas yang diselesaikan di Jalan Tol Trans Sumatera diharapkan akan makin meningkatkan mobilitas dan kegiatan ekonomi masyarakat di Pulau Sumatera dan makin terhubung baik dengan Pulau Jawa maupun di sebelah utara terutama daerah Medan hingga Aceh,” jelas Menkeu.

Tags : Pertumbuhan Ekonomi , Sri Mulyani , UKM

Berita Terkait