UMKM Tonggak Pemulihan Ekonomi Nasional

| Rabu, 24/11/2021 22:21 WIB
UMKM Tonggak Pemulihan Ekonomi Nasional Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu), Suahasil Nazara (foto: kemenkeu)

RADARBANGSA.COM - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengatakan, pemulihan ekonomi Indonesia yang didorong oleh kebijakan fiskal, itu salah satu sumber pentingnya ada pada di sisi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Kalau kebijakan fiskal kita bersifat ekspansif, ini salah satu bagian yang penting adalah support kepada usaha mikro kecil dan menengah. dan memang ini yang pertama kali kita berikan,” terang Wamenkeu Suahasil Nazara dalam keterangan tertulisnya, Rabu 24 November 2021.

Wamenkeu Nazara menuturkan, ketika pada masa awal pandemi, pemerintah langsung melakukan estimasi dan proyeksi mengenai kondisi ekonomi yang menemukan fakta bahwa dengan mobilitas yang menurun maka usaha mikro kecil dan menengah akan kena dampak. Karena itu, pemerintah langsung mendesain berbagai macam kebijakan yang bisa membantu UMKM.

“Kita berikan relaksasi. Relaksasi atas pembayaran PPh pasal 21, itu berlaku untuk semua perusahaan baik perusahaan besar maupun menengah atau kecil bisa bisa mendapatkan. Lalu kemudian, yang sifatnya juga adalah PPh 25 pembayaran massa. Juga insentif usaha untuk diberikan kepada UMKM, UMKM yang membayar pajak berupa pajak final itu kemudian bisa pajak finalnya itu ditanggung oleh pemerintah, silahkan digunakan, sehingga UMKM nanti bisa tetap menjalankan kegiatan usaha tanpa terbebani pajak untuk sementara waktu,” sambung Wamenkeu.

Selain itu, lanjut Nazara, Pemerintah juga mengeluarkan anggaran pemulihan ekonomi nasional yang diberikan sebagai dukungan dalam bentuk bantuan produktivitas usaha mikro seperti subsidi bunga UMKM KUR dan Non-KUR, bantuan bagi pelaku usaha mikro, penjaminan modal UMKM agar perbankan confident.

"UMKM akan menjadi salah satu tonggak dalam upaya pemulihan ekonomi nasional," katanya.

 

Tags : UMKM , kemenkeu