PTBA Akan Kembangkan Kendaraan Tambang Berbasis Listrik

| Jum'at, 10/12/2021 08:00 WIB
PTBA Akan Kembangkan Kendaraan Tambang Berbasis Listrik Lokasi Tambang Bauksit (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - PT Bukit Asam Tbk (PTBA), bekerjasama dengan PT Industri Kereta Api (Persero)/INKA untuk menciptakan kendaraan tambang berbasis listrik. Adapun di akhir 2022 prototype kendaraan ini ditargetkan sudah ada.

Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk Suryo Eko Hadianto mengatakan bahwa pengembangan kendaraan tambang berbasis listrik ini adalah salah satu sinergi BUMN dalam menurunkan target Net Zero Emission pada 2060.

“Salah satunya dengan mengarahkan kendaraan operasional pertambangan untuk beralih ke listrik. Ini peluang bagi kita untuk mengembangkan, daripada harus beli atau impor. Jadi semaksimal mungkin bisa kurangi impor,” ujar Suryo Eko, Kamis 9 Desember 2021.

sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang menegaskan komitmen pemerintah Indonesia menuju net zero emission pada 2060, perusahaan BUMN memiliki peluang berkontribusi optimal mewujudkan komitmen tersebut.

Sinergi itu juga salah satu langkah konkrit PTBA mewujudkan komitmen perusahaan dalam dekarbonisasi. Sesuai dengan visi PTBA untuk menjadi perusahaan energi dan kimia kelas dunia yang peduli lingkungan.

Penandatanganan MoU ini akan dilanjutkan dengan pembentukan tim dan penyusunan kajian bersama yang komprehensif sehubungan dengan pengembangan kendaraan tambang berbasis listrik ramah lingkungan.

 

Tags : PTBA , Kendaraan Listrik

Berita Terkait