Harga Minyak Mentah Indonesia Turun ke USD80,13 per barel

| Jum'at, 10/12/2021 18:01 WIB
Harga Minyak Mentah Indonesia Turun ke USD80,13 per barel Kilang Minyak (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Harga minyak mentah Indonesia (ICP) pada November 2021 mengalami penurunan dibandingkan bulan Oktober 2021. Rata-rata ICP minyak mentah Indonesia turun sebesar US$1,67 per barel dari US$81,80 per barel menjadi US$80,13 per barel.

Mengutip Executive Summary Tim Harga Minyak Indonesia,  beberapa faktor yang mempengaruhi penurunan harga minyak mentah utama di pasar internasional, antara lain rencana Amerika Serikat dan beberapa negara seperti Cina, Jepang, India, Inggris dan Korea Selatan, untuk melepaskan cadangan minyak strategis (Strategic Petroleum Reserves/SPR), untuk mengatasi tingginya harga minyak.

Diperkirakan sebesar 71 juta barel cadangan minyak strategis akan dilepaskan ke pasar.

Faktor lainnya, kembali melonjaknya kasus infeksi Covid-19 di Eropa, dengan beberapa negara seperti Austria, Belanda dan Jerman kembali memutuskan untuk melakukan lockdown, menyebabkan kekhawatiran terjadinya penurunan aktivitas ekonomi dan penurunan permintaan minyak mentah di kawasan Eropa.

 “Selain itu, terdapat kekhawatiran dengan munculnya varian virus Covid-19 baru, Omicron, di kawasan Afrika Selatan,” demikian dikutip dari exsum tersebut.

Tags : Harga Minyak , ICP

Berita Terkait