Kurs Rupiah Masih akan Tertekan Sentimen Varian Omicron

| Selasa, 28/12/2021 11:05 WIB
Kurs Rupiah Masih akan Tertekan Sentimen Varian Omicron Karyawan Bank Tunjukkan Uang Pecahan Rupiah Rp50.000 dan Rp100.000 (Foto: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Varian Omicron diprediksi  masih akan mewarnai pergerakan rupiah hari ini. Tercatat pukul 10.58, rupiah melemah di posisi Rp14.232 atau 3 poin lebih rendah dari posisi penutupan Senin.

“Kekhawatiran karena penularan masih meninggi karena Omicron, yang mendorong pelaku pasar menarik diri dari aset berisiko," kata Pengamat pasar keuangan, Ariston Tjendra dikutip, Selasa 28 Desember 2021.

Sebelumnya, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan akan menerapkan mikro lockdown jika ditemukan transmisi lokal penularan kasus varian ini.

"Melalui testing dan tracing yang kuat, langkah lockdown di level mikro, seperti yang dilakukan di Wisma Atlet, dapat kita implementasikan seandainya transmisi lokal varian Omicron sudah terdeteksi," beber dia dalam konferensi pers Senin.

Micro lockdown sendir merujuk pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro yang sebenarnya sempat berjalan di samping penerapan PPKM berlevel. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan pelaksanaan PPKM mikro ini diberlakukan pada wilayah yang lebih kecil. Mulai dari tingkat kecamatan hingga lingkup RT dan RW.

Tags : Varian Omicron , Kurs Rupiah

Berita Terkait