Himbara Sambut Baik Peningkatan Target KUR 2022

| Senin, 03/01/2022 14:02 WIB
Himbara Sambut Baik Peningkatan Target KUR 2022 Bank Himbara (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM -PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) selaku salah satu Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) menyambut baik kenaikan target penyaluran KUR 2022.

Sebelumnya pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI meningkatkan penyaluran KUR menjadi sebesar Rp373,17 triliun dengan suku bunga tetap sebesar 6%.

BRI yang juga merupakan penyalur KUR terbesar di tanah air, menilai hal itu adalah sesuatu yang positif karena KUR merupakan salah satu penopang pertumbuhan UMKM di Indonesia.

“BRI menyambut baik alokasi KUR untuk tahun 2022, karena akan memperluas jangkauan bagi pelaku UMKM khususnya nasabah mikro BRI yang sedang berjuang untuk memulihkan usahanya. Selain itu, KUR menjadi salah satu growth engine bagi BRI di tengah kondisi ekonomi yang menantang,” ungkap Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto, dal keterangannya, Senin 3 Januari 2022.

Dia mengungkapkan bahwa perseroan telah merancang berbagai strategi agar dapat memenuhi target penyaluran KUR di tahun 2022.

Lebih lanjut, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari menjelaskan, BRI saat ini memiliki kapasitas yang cukup untuk memenuhi target penyaluran KUR dari pemerintah tersebut.

“Hal tersebut tercermin dari realisasi KUR BRI hingga akhir November 2021 dimana BRI telah menyalurkan KUR senilai Rp 181,39 triliun kepada lebih dari 6 juta nasabah. Angka ini setara dengan 93,02% dibandingkan dengan target penyaluran KUR BRI di tahun ini dengan nilai Rp195 triliun,” ujar Supari.

Alokasi KUR, pengembangan Ultra Mikro dan menjaga pertumbuhan Kupedes akan menjadi kunci pertumbuhan segmen Mikro.

Secara konsolidasian, hingga akhir September 2021, penyaluran kredit BRI tercatat mencapai Rp.1.026,42 triliun atau tumbuh 9,74 persen year on year (yoy). 

Tags : KUR 2022 , Himbara , BRI

Berita Terkait